JAKARTA, iNews.id - Fenomena Rojali dan Rohana tengah ramai dibahas di masyarakat. Tahukah Anda ada istilah lain yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah Rocita. Apa itu?
Rojali adalah rombongan jarang beli, sedangkan Rohana adalah rombongan hanya nanya. Kedua istilah ini viral di media sosial, karena kelompok ini hanya datang ke mal atau pameran tapi tidak melakukan transaksi pembelian.
Fenomena rojali dan rohana di suatu pusat perbelanjaan bukan hal negatif. Sebab, kehadiran mereka membuat pendapatan F&B meningkat sebesar 20-40 persen. Hal ini terjadi karena mereka ingin mengabadikan momen kebersamaan dengan rekan-rekan.
Namun, fenomena rojali dan rohana dituding menjadi penyebab sepinya bisnis ritel di sejumlah pusat perbelanjaan. Padahal, ada banyak orang yang meramaikan pusat perbelanjaan tersebut.
Sebutan rojali dan rohana memang sudah santer terdengar oleh masyarakat Indonesia. Tapi, ada singkatan lainnya untuk sekelompok orang yang bukan hanya bepergian secara bersama-sama dengan tidak membeli apa pun, tapi juga mereka yang mencari jodoh dan hanya sekadar 'cuci mata'.