Viral Istilah Rojali dan Rohana, tapi Ada Rocita yang Paling Legend! 

Muhamad Fadli Ramadan
Ilustrasi anak muda di mal. (Foto: Ilustrasi AI)

JAKARTA, iNews.id - Fenomena Rojali dan Rohana tengah ramai dibahas di masyarakat. Tahukah Anda ada istilah lain yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah Rocita. Apa itu? 

Rojali adalah rombongan jarang beli, sedangkan Rohana adalah rombongan hanya nanya. Kedua istilah ini viral di media sosial, karena kelompok ini hanya datang ke mal atau pameran tapi tidak melakukan transaksi pembelian.

Fenomena rojali dan rohana di suatu pusat perbelanjaan bukan hal negatif. Sebab, kehadiran mereka membuat pendapatan F&B meningkat sebesar 20-40 persen. Hal ini terjadi karena mereka ingin mengabadikan momen kebersamaan dengan rekan-rekan.

Namun, fenomena rojali dan rohana dituding menjadi penyebab sepinya bisnis ritel di sejumlah pusat perbelanjaan. Padahal, ada banyak orang yang meramaikan pusat perbelanjaan tersebut.

Sebutan rojali dan rohana memang sudah santer terdengar oleh masyarakat Indonesia. Tapi, ada singkatan lainnya untuk sekelompok orang yang bukan hanya bepergian secara bersama-sama dengan tidak membeli apa pun, tapi juga mereka yang mencari jodoh dan hanya sekadar 'cuci mata'.

Editor : Muhammad Sukardi
Artikel Terkait
Niaga
4 bulan lalu

Fenomena Rojali dan Rohana Ramai di GIIAS 2025, Begini Kata APM

Buletin
4 bulan lalu

Fenomena Rojali Rohana Menjamur di Mal-Mal Kota Besar, Pengunjung Cuma Jalan-Jalan, Bukan Belanja

Nasional
4 bulan lalu

Ramai Fenomena Rojali di Mal, Pengamat Singgung Tekanan Ekonomi Kelas Menengah

Seleb
1 hari lalu

Sarwendah Kena Mental hingga Konsul ke Psikolog, gegara Ruben Onsu?

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal