Keindahan alam di Kebun Teh Cukul (Foto: Instagram @jamesandlenn)
Ayu Utami Anggraeni

JAKARTA, iNews.id - Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang populer di kalangan wisatawan. Bandung menjadi destinasi yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan.

Ada banyak destinasi yang populer, namun ada juga yang belum diketahui banyak orang. Bisa dikatakan, destinasi tersebut masih perawan. 

Salah satu kawasan di Bandung yang belum banyak dijelajahi wisatawan adalah Pengalengan. 

Lantas, ada apa saja destinasi wisata yang tersembunyi di Pengalengan, Bandung? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (18/7/2022).

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan danau yang terletak di Pangalengan. Meskipun berupa danau, Situ Cileunca menyediakan beberapa destinasi seperti wisata air dengan menyewa perahu dari warga setempat. Selain itu, pengunjung wisatawan juga dapat melakukan aktivitas outbond dan juga arung jeram.

2. Gunung Nini

Gunung Nini terletak di tengah Perkebunan Teh Malabar. Gunung Nini bukan seperti gunung yang biasa untuk didaki, melainkan bukit yang terletak di perkebunan teh di daerah Pangalengan Bandung. Gunung Nini memiliki udara yang segar dan pemandangan kebun teh yang hijau memanjakan mata.

3. Gunung Wayang

Gunung Wayang merupakan gunung berapi kembar yang terdiri dari Gunung Wayang dan Gunung Windu. Terletak di sebelah timur kota Pangalengan di Kabupaten Bandung. Tempat ini menjadi wisata di Bandung yang tak harus dikunjungi. Wisata Gunung Wayang menyuguhkan hamparan perkebunan teh di bawah kaki gunung. 

4. Perkebunan Teh Cukul

Area perkebunan Teh Cukul menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Salah satu perkebunan teh terbesar di Pangalengan, Bandung Selatan ini berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Berada di sini, Anda akan merasakan udara sejuk dengan pemandangan hamparan perkebunan. Anda juga bisa menyaksikan sunrise di atas puncak perkebunan teh. 



Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT