JAKARTA, iNews.id - Negara-negara ASEAN sepakat memaksimalkan sarana media digital yang dimiliki bersama sebagai sarana penyebaran informasi satu pintu. Terutama dalam penanganan dan perkembangan Covid-19 di kawasan ASEAN sekaligus sarana promosi pariwisata negara-negara anggota ASEAN.
Direktur Hubungan Antarlembaga Kemenparekraf/Baparekraf, Kartika Candra Negara menjelaskan, fokus komunikasi krisis seluruh ASEAN Member States (AMS) saat ini adalah mengembalikan kepercayaan wisatawan terhadap kualitas kebersihan, kesehatan, dan keamanan destinasi wisata ASEAN pasca-Covid-19.
Pernyataan ini disampaikan oleh Kartika Candra Negara sebagai Head of Delegation Indonesia pada "Special Video Conference Meeting of ASEAN Tourism Communication Team (ATCCT) on Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)" yang berlangsung secara daring pada Kamis (4/6/2020).
ATCCT ini merupakan tindak lanjut dari Special Meeting ASEAN Tourism Ministers pada 29 April 2020 yang dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.
"Masyarakat dunia ingin mengetahui strategi dan perkembangan penanganan Covid-19 oleh AMS, apa saja upaya yang telah dilakukan para stakeholders pariwisata di masing-masing negara dan ASEAN secara keseluruhan dalam rangka menghadapi tatanan kenormalan baru pariwisata," kata Kartika Candra Negara, Jumat (5/6/2020).