Terdapat beberapa kebijakan strategis yang telah pemerintah lakukan untuk mendukung program bangga berwisata di Indonesia, yaitu:
a. Transformasi kelembagaan Badan Otorita (Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo).
b. Optimalisasi cuti bersama.
c. Pemberdayaan UMK dan Produk Dalam Negeri.
d. Sinergitas pengembangan pariwisata melalui penyederhanaan proses bisnis.
"Kita telah melakukan penyederhanaan proses bisnis layanan perizinan event. Yang semula dari 6 tahap menjadi 4 tahap, waktu pengerjaan 180 hari menjadi 30 hari, serta mekanismenya saat ini sudah bisa dilakukan dengan online sistem," kata Azwar Anas.
Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) merupakan program kolaboratif antara pemerintah, BUMN, asosiasi, dan swasta melalui penguatan kampanye, integrasi paket wisata, penyediaan aksesibilitas yang terjangkau dan penerapan aspek keberlanjutan.