Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo mengatakan, event ini menjadi momentum untuk menarik dan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus). Nantinya target di 2023 ini bisa tercapai, serta Indonesia menjadi lebih dikenal lagi di mata dunia.
"Ini menjadi momentum strategis bagi Indonesia untuk dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara sehingga target 7,4 juta kunjungan di tahun 2023 tercapai" ujarnya.
TRAVEX menghadirkan 157 sellers dan 136 buyers. Buyers berasal dari 29 negara diantaranya sembilan negara ASEAN, enam negara Asia, sembilan negara Eropa, lima Timur Tengah, satu Amerika Utara, dan Australia.
Sejumlah program di TRAVEX pun menjadi agenda penting bagi industri pariwisata dan masyarakat selama ATF 2023. Di antaranya sesi B2B exhibitor dan seller yang terdiri dari ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, hotels & accommodation industries, TA/TO, serta pelaku MICE.
Turut mendampingi Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dalam TRAVEX 2023 adalah Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran, Masruroh, Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran, Dwi Marhen Yono, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara, Cecep Rukendi, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II, dan Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Ekraf.