JAKARTA, iNews.id - Selama masa pandemi Covid-19, pariwisata dunia, termasuk Indonesia kehilangan banyak wisatawan. Kini, berbagai inovasi dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap pemanfaatan platform digital dan konten kreatif bisa menjadi sarana edukasi yang efektif untuk menarik kepercayaan wisatawan agar kembali berwisata di Indonesia.
Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya menjelaskan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Indonesia sedang mengalami lack of trust destination dari wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.
“Gaining trust dan confidence adalah kunci dalam percepatan pemulihan sektor pariwisata namun hal ini tidak mudah, butuh upaya yang luar biasa dan kerja sama dari kita semua,” kata Nia Niscaya saat Webinar Workshop Konten Kreatif Travel Vlogger bersama travel vlogger Ariev Rahman dan Sutiknyo, Jumat (26/6/2020).
Berdasarkan data dari social listening tools Sprinklr Analytic, selama periode 9-16 Juni 2020, ada peningkatan signifikan persepsi negara lain terhadap Indonesia terkait pandemi Covid-19 dari bulan-bulan sebelumnya yang minus di bawah angka nol, minggu ini mulai positif , variatif dan ada yang di atas 50 persen.