Sebagai informasi, FNRP 2024 diselenggarakan untuk beberapa kategori, yaitu Festival Reog Anak (FRA) Reog Wayang Golek Festival, dan Festival Reog Remaja (FRR). Secara keseluruhan, ada 37 grup yang tampil membawakan kesenian Reog pada FNRP 2024.
Tahun ini Grebeg Suro mengangkat tema “Royo Joyo” yang berarti cerminan dari semangat, keberanian, dan kebahagiaan yang melingkupi komunitas. Kata “Rogo” artinya tempat budaya berada dan “joyo” melambangkan kebahagiaan dan kejayaan yang lebih besar.
Harapannya agar semangat “Royo Joyo” pada Grebeg Suro 2024 dapat menginspirasi berbagai elemen yang memperkuat rasa persatuan dalam menghadapi masa depan dengan penuh semangat dan keyakinan. Selama Grebeg Suro 2024 berlangsung, pengunjung dapat menemukan produk-produk lokal dari UMKM di Grebeg Suro Expo 2024. Setidaknya ada 150 booth yang dihadirkan untuk memperkenalkan produk lokal.
Langkah ini dilakukan untuk memberikan dampak baik bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Ponorogo selama Grebeg Suro 2024 berlangsung. Sejalan dengan hal ini, perayaan FNRP juga termasuk dalam satu dari 110 agenda Karisma Event Nusantara (KEN), program strategis Kemenparekraf dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event). Tujuannya, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.
Selain itu, untuk menyambut perayaan Ulang Tahun (HUT) ke-538 Ponorogo, digelar pula Grebeg Suro Road To HUT Ponorogo 528 Tahun yang diadakan pada Agustus mendatang. Acara ini dikemas dengan menggelar Electro Nite Run Ponorogo 2024 sejauh lima kilometer (Km). Event tersebut menjadi sangat unik karena peserta berlari menggunakan glow stick dan diberikan glow body painting. Tak lupa dengan splash color yang juga menyala dalam gelap sehingga menghasilkan perpaduan warna yang meriah di sepanjang jalan.
Perlu diketahui, sebagai program strategis untuk mendukung dan mengembangkan events di seluruh Indonesia, Karisma Event Nusantara “KEN“ memiliki visi untuk menjadikan event sebagai atraksi wisata unggulan di Indonesia. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut adalah melalui kolaborasi Kemenparekraf dengan daerah di dalam menyelenggarakan event yang berkualitas.
Karisma Event Nusantara 2024 terdiri atas 110 events pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 38 provinsi di Indonesia. Proses penilaian dilakukan berdasarkan pada lima bidang yaitu aspek ide dan inovasi, pemasaran dan strategi komunikasi, aspek manajemen kegiatan, aspek manajemen keuangan serta aspek analisis dampak.