JAKARTA, iNews.id - Perjalanan wisata kembali bergairah sejak pemerintah melonggarkan pemakaian masker. Akomodasi tiket pesawat hingga tempat wisata, paling banyak dicari wisatawan.
Peningkatan perjalanan wisata terlihat dari data yang dikeluarkan oleh Traveloka. Pada kegiatan Epic Sale yang keenam sejak 31 Mei hingga 6 Juni 2022, minat masyarakat untuk kembali berwisata meningkat.
Ada lebih dari 55.000 mitra di sektor perjalanan dan wisata, Traveloka mencatat peningkatan pemesanan hampir
mencapai 2 kali lipat dibandingkan Epic Sale sebelumnya pada Oktober 2021.
Albert, Co-Founder, Traveloka, mengatakan, peningkatan pemesanan yang hampir mencapai 2 kali lipat dibanding Epic Sale Oktober lalu menegaskan Epic Sale semakin diminati masyarakat Indonesia.
Menurutnya, hal ini menunjukkan
semakin tumbuhnya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan di tengah semakin terkendalinya situasi dan pelonggaran kebijakan pemerintah.
"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya Epic Sale. Terlebih dari itu, program Epic Sale dan inisiatif-inisiatif kami lainnya juga merupakan bentuk komitmen Traveloka
untuk senantiasa terdepan dalam mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan
pariwisata nasional," ujar Albert melalui keterangannya dikutip Jumat (17/6/2022).
Staycation Meningkat
Selain peningkatan jumlah pemesanan, selama periode Epic Sale keenam ini, Traveloka melihat adanya tren peningkatan Staycation sebagai opsi liburan di akhir pekan dan libur sekolah tengah tahun selama periode akhir Juni hingga awal Juli nanti.
Selain itu, Traveloka juga mencatat penggunaan PayLater tertinggi selama periode Epic Sale untuk transaksi hotel sepanjang semester pertama 2022. Kenaikan juga terjadi pada pembelian asuransi perjalanan sebesar 3 kali lipat dibanding semester kedua 2021.