JAKARTA, iNews.id - Menyambut new normal, Sub Sektor Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki tantangan tersendiri di dunia desain komunikasi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong Sub Sektor Desain Komunikasi Visual untuk membangun model bisnis baru.
Terutama melalui platform digital untuk menghadapi era normal baru atau new normal. Transformasi digital inilah yang dinilai akan menjadi tantangan bisnis bagi dunia desain komunikasi di era normal baru.
Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Ricky Pesik menjelaskan, DKV di era kenormalan baru masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang menjadi tantangan ke depan.
“Secara ekosistem masih banyak pekerjaan rumah untuk menata secara luas ekosistem di sektor DKV. Bagaimana model bisnis saat ini sudah beralih ke dunia digital. Saat ini juga beberapa pelaku sudah mulai menjajaki ke platform digital, seperti sosial media digital dan lainnya,” kata Ricky, dalam acara Virtual Talkshow Subsektor DKV, Kamis (26/6/2020).
"Ini sifatnya masih belum menjadi model bisnis. Yang siap baru ecommerce, dan ini menjadi tantangan ke depan, bagaimana caranya sektor DKV bisa menyelenggarakan usahanya secara digital tanpa harus bertatap muka lagi," ujar Ricky.