Tumbuh Pesat, Sektor Industri Kreatif Digital Berpotensi Jadi Unggulan

Vien Dimyati
Industri Kreatif Digital Berpotensi Jadi Unggulan (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang mengalami dampak paling signifikan akibat pandemi Covid-19. Namun, berbeda dengan industri kreatif, yang belakangan mengalami pertumbuhan positif.

Saat sektor usaha lain lesu, industri gim di Indonesia justru tumbuh positif di kala pandemi Covid-19. Pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19 mendorong masyarakat untuk mencari wahana hiburan dari rumah, salah satunya gim. Karena itulah pertumbuhan gamer meningkat tajam dalam satu tahun terakhir, yang akhirnya mengakselerasi pertumbuhan industri gim.

Pertumbuhan bisnis gim merupakan pertanda positif bagi industri kreatif digital di tengah krisis yang melanda dunia. Sisi lain pertumbuhan bisnis gim ini juga memberikan nilai positif dari aspek bisnis digital. 

Berdasarkan data Forum Ekonomi Dunia (WEF), pasar video game dunia diperkirakan mencapai 159 miliar dolar AS pada 2020 atau sekitar empat kali lipat pendapatan box office (43 miliar dolar  AS pada 2019) dan tiga kali lipat pendapatan industri musik (57 miliar dolar AS pada 2019). Pangsa pasar terbesar berasal dari Asia-Pasifik.

Indonesia, melansir laporan Global Market Games Reports 2020, Newzoo, perusahaan riset pasar dan konsultan bisnis gim dan E-Sports (olahraga elektronik), menyebut Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengguna gim di pasar Asia Tenggara. Newzoo mencatat, penghasilan industri gim di Indonesia pada 2019 mencapai 1,1 miliar dolar AS dan menjadi pasar bisnis paling besar di Asia Tenggara.

Sementara, pada 2019, berdasarkan data dari Indonesia Esports Premier League (IESPL), terdapat 62,1 juta orang yang aktif bermain gim di dalam negeri. Angka ini membawa Indonesia pada peringkat 12 dalam pasar gim dengan jumlah pemain terbanyak.

Luat Sihombing, Koordinator Business Matchmaking Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, mendorong masyarakat, khususnya generasi milenial dan generasi Z, berpartisipasi aktif dalam pertumbuhan industri gim. 

"Dua generasi ini merupakan kalangan yang dominan memainkan gim. Saat ini, populasi generasi Z di Indonesia sebanyak 67 juta jiwa, ditambah generasi milenial berjumlah 62 juta jiwa," kata Luat, melalui keterangan tertulis belum lama ini.

Editor : Vien Dimyati
Artikel Terkait
All Sport
20 hari lalu

MPL ID S16 Grand Finals: Budaya Indonesia Menggema di Panggung Esports Dunia!

Bisnis
31 hari lalu

Bank Mandiri Semarakkan Aksi Berkelanjutan Looping for Life di Livin’ Fest 2025

Soccer
1 bulan lalu

Liga Desa dan Esports Akan Digelar Nasional, Kolaborasi Kemenpora dan Kemendes PDT

All Sport
1 bulan lalu

SEA Games Thailand 2025: Tim E-Sports Indonesia Bidik 2 Emas

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal