“Saya melihat di daerah Ternate belum banyak yang mengolah kacang kenari menjadi sesuatu yang komersil. Biasanya di sana kacang kenari hanya diolah menjadi kue Lebaran, atau kue Natal,” tuturnya.
“Karena banyak yang belum ngolah dan karena pasarnya ada, akhirnya saya memanfaatkan peluang tersebut, dan ternyata pasar internasional pun suka," katanya lagi.
Irma mengungkapkan, brand Ifamoy sudah pernah dibawa ke Turki dan Moskow. Pasar internasional tersebut menyambut baik kacang kenari khas Ternate hasil olahannya.
Sebagai informasi, Apresiasi Kreasi Indonesia bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif bagi para pelaku industri dan komunitas kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran bagi para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik.
Terbagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan, yaitu bootcamp sebagai sesi penambahan ilmu bisnis, pameran, dan nantinya peserta terbaik dari berbagai kota penyelenggaraan AKI 2024 kemudian diikutkan dalam pameran puncak AKI ini.