Bersaing Bisnis Kuliner di Era Digital, Kenalkan Produk hingga Go Internasional 

Vien Dimyati
Bersaing di sektor kuliner (Foto: Ist)

Andi Widya Syadzwina selaku praktisi komunikasi menambahkan, pelaku usaha dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya. Adapun kiat-kiat yang dapat dilakukan antara lain, memilih platform yang dapat mengunggah konten gambar dan foto semisal Instagram dan TikTok, memanfaatkan fitur-fitur bisnis seperti Facebook Business Manager atau Meta Business Suite, serta menggunakan broadcast message agar bisa menggelar secara berkala dan komunikasi langsung dengan calon konsumen. 

Selain itu, lanjut dia, agar konten promosi menjadi menarik, warganet juga dapat menggunakan jasa influencer serta fotografer agar tampilan lebih memuaskan.

"Upgrade kemampuanmu dengan mengikuti workshop terkait dengan peningkatan skill foto, video, dan desain. Kreativitas dalam bisnis kuliner sangat diperlukan. Memilih platform digital yang tepat adalah salah satu kunci dalam pemasaran khususnya promosi bisnis kuliner," tuturnya. 

Sementara itu, Dian Ikha Pramayanti selaku dosen dan entrepreneur menjelaskan, teknik copywriting dalam penyajian konten promosi menjadi salah satu senjata pebisnis untuk menarik perhatian pasar, mempromosikan merek yang sedang diusung, hingga meraih hasil penjualan. 

Dia menjelaskan, sedikitnya terdapat delapan elemen copywriting yang mesti diterapkan sehingga produk yang ditawarkan laku terjual atau closing. Masing-masingnya yakni, headline, penawaran, alasan, bonus, testimoni, garansi, call to action atau ajakan untuk membeli atau menghubungi bagian marketing, serta cantumkan catatan kecil atau N.B. 

"Hal-hal yang harus dihindari dalam copywriting di antaranya, menulis tanpa tahu target pasar, menggunakan kata yang ambigu, menggunakan jargon usaha yang sama dengan milik orang lain, mengabaikan teknik persuasi, kalimat terlalu panjang, serta mengabaikan SEO dan tagar. Banyaklah praktik copywriting karena itu akan sama dengan hasil yang didapatkan," kata Dian.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Editor : Vien Dimyati
Artikel Terkait
Internet
2 hari lalu

Indonesia Terus Dorong Transformasi Digital, Perusahaan Bersaing Inovasi

Aksesoris
4 hari lalu

Industri Otomotif Kian Bergantung pada Ekosistem Digital, Butuh Inovasi

Megapolitan
11 hari lalu

Situasi Terkini Area Kuliner di Kalibata usai Dibakar Buntut 2 Matel Tewas Dikeroyok

Nasional
17 hari lalu

Insight Talks Digelar di Unsoed, Mahasiswa Dibekali Pengetahuan Deteksi Scam

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal