Cara Membuat Batagor enak dan renyah (Foto: Instagram@jihankitchenlog)
Siska Permata Sari

JAKARTA, iNews.id - Cara membuat batagor sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda tinggal membuat adonan batagor dan mempersiapkan bumbu kacang untuk penyajiannya.

Seperti kita semua tahu batagor merupakan jajanan yang populer di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat. Cara membuat batagor juga bisa dikreasikan. Camilan ini merupakan jajanan khas Bandung yang terbuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri.

Nah, untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan bahan-bahan dan mengolah di rumah. Bahan-bahan batagor yang Anda perlukan, yakni tepung tapioka, tahu, dan ikan tenggiri untuk isian.

Cara membuat batagor juga tidak memerlukan teknik yang rumit. Anda tinggal mencampurkan bahan-bahan tersebut dan menjadikannya sebagai adonan. Adonan inilah nanti yang digoreng dan disajikan bersama bumbu kacang, kecap manis, dan saus sambal.

Untuk bumbu kacang batagor, Anda juga bisa membuatnya sendiri, lho! Atau kalau tak ingin ribet, Anda bisa membeli bumbu kacang instan yang sudah ada di berbagai e-commerce.

Lalu, bagainana cara membuat batagor? Berikut informasi lengkapnya, dirangkum pada Jumat (3/9/2021).

1. Siapkan bahan-bahannya

Cara membuat batagor di urutan pertama adalah mempersiapkan semua bahan-bahannya. Di antaranya, ikan tenggiri, tepung, telur, air, dan tahu Bandung atau tahu biasa tidak apa-apa. Selain bahan utama, jangan lupa bumbu untuk adonan seperti bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan daun bawang.

2. Campurkan bahan-bahan tadi

Cara membuat batagor di urutan selanjutnya adalah mencampurkan bahan-bahannya. Caranya, haluskan dan campur bawang merah goreng, bawang putih, merica dan garam. Kemudian fillet ikan tenggiri dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan air lalu blender semuanya hingga tercampur rata.

3. Potong-potong tahu

Cara membuat batagor selanjutnya yakni mempersiapkan tahu dan adonan. Belah tahu menjadi dua bagian. Lalu iris-iris daun bawang dan masukkan ke adonan ikan. Campurkan daun bawang, telur dan tepung ketan ke adonan lalu aduk hingga rata. Setelah rata, tambahkan tepung sagu. Aduk lagi.

4. Goreng dengan minyak panas 

Setelah adonan jadi, saatnya untuk menggoreng batagor. Caranya, panaskan minyak yang cukup banyak untuk merendam batagor. Kemudian, ambil satu potong tahu dan tempelkan adonan ke atas tahu. Lalu goreng adonan batagor dengan api kecil. Tunggu sampai tahu kecoklatan lalu balik ke bagian adonan ikan. Masak hingga sedikit kecokelatan. Angkat.

5. Sajikan bersama bumbu kacang

Cara membuat batagor di urutan terakhir ini merupakan tahap penyajian. Yaitu, mencampurkan batagor dengan bumbu kacang. Cara membuatnya, goreng kacang, lalu goreng kemiri dan bawang putih. 

Setelah itu blender bawang merah, bawang putih, kemiri dan kacang. Tambahkan sekitar 200 ml air. Lalu tumis hingga matang. Kemudian tambahkan 500 ml air. Masak hingga air susut dan keluar minyak.

Sajikan batagor dan kuah bumbu kacang. Jangan lupa tambahkan kecap manis dan saus sambal. Anda juga bisa menambah perasan jeruk nipis agar lebih lezat. Yummy!

Berikut inspirasi resep batagor yang mudah diikuti di rumah.

Batagor bumbu kacang

Bahan-bahan:

* 350 gr daging ikan tenggiri fillet
* 120 ml air 
* 1 buah bawang putih 
* 1 sdm bawang merah 
* 1/2 sdt merica 
* 1 sdm garam 
* 125 gr tepung ketan 
* 1 kuning telur 
* 1 batang daun bawang, iris tipis 
* 90-100 gr sagu 
* 1 buah tahu bandung putih ukuran besar, bagi menjadi 10 bagian 
* Minyak secukupnya untuk menggoreng 
* Bumbu kacang
* Jeruk nipis
* Kecap manis
* Saus sambal

Cara membuat:

1. Pertama, haluskan bawang merah goreng, bawang putih, merica dan garam. 
2. Siapkan blender lalu masukkan daging ikan tenggiri, bumbu halus dan dan air. Blender hingga halus lalu angkat.
3. Belah tahu putih dan iris daun bawang. Setelah diiris, masukkan daun bawang ke dalam adonan ikan. 
4. Tambahkan telur dan tepung ketan lalu aduk hingga rata. Setelah rata tambahkan tepung sagu. Aduk kembali.
5. Setelah itu, panaskan minyak. Ambil satu potong tahu, kemudian tempelkan adonan ke tahu, goreng dengan api kecil. Masak hingga kecokelatan dan matang. Angkat.
6. Sajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, dan saus sambal. Tambahkan perasan jeruk nipis.



Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT