Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Enak dan Mudah (Foto: Pexels)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Cara membuat mie ayam rumahan enak sebenarnya sangat mudah. Meski prosesnya agak panjang, masak Mie Ayam  tampaknya patut dicoba.

Selain bakso, mie ayam merupakan salah satu makanan paling populer di Indonesia. Makanan ini bahkan dijajakan mulai dari gerobak kaki lima hingga di restoran.

Selain mie, kondimen paling penting dari mie ayam ini adalah toping ayam yang dimasak secara khusus. Selain itu, ada juga bahan-bahan pelengkap lain mulai dari sayur hingga toping tambahan.

Sebelum memulai membuat mie ayam, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara membuat mie ayam rumahan enak dan mudah.

Bahan Utama Mie Ayam

- Mie telur basah

- Toping ayam

- Minyak mie ayam 

- Kuah kaldu secukupnya 

- Kecap asin secukupnya

Bahan Pelengkap Mie Ayam

- Sawi hijau

- Daun bawang cincang untuk taburan

- Bawang merah goreng secukupnya untuk taburan

- Pangsit secukupnya

- Saus dan sambal secukupnya

Bahan dan Cara Membuat Topping Daging Ayam

Siapkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat topping daging ayam:

- Daging ayam 250 gr yang telah dipotong kecil dan direbus

- 5 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 1 ruas kunyit kunyit

- Ketumbar secukupnya

- Lada putih secukupnya

- Kecap manis secukupnya

- Kecap asin secukupnya

- Garam secukupnya

- Daun jeruk dan serai

Setelah bahan toping komplit, haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar dan lada. Kemudian tumis bumbu halus tersebut menggunakan minyak panas dengan api sedang

Setelah itu, masukkan daging ayam yang dipotong kecil dan telah direbus. Tumis bersama bumbu-bumbu hingga meresap. Tambahkan kecap manis, kecap asin, dan garam secukupnya, kemudian aduk rata.

Tuangkan sedikit air agar bumbu lebih meresap ke dalam daging. Kemudian masak hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah itu, topping ayam sudah jadi dan sisihkan terlebih dahulu.

Bahan dan Cara Membuat Minyak Mie Ayam

Siapkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat minyak mie ayam:
- Kulit ayam secukupnya

- 4 siung bawang putih geprek

- Jahe satu ruas

- Ketumbar secukupnya

- Daun serai dan daun jeruk (optional)

Setelah bahan siap, Cuci bersih kulit dan lemaknya. Setelah itu, panaskan minyak dengan menggunakan api sedang. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam minyak yang telah panas dan aduk rata beberapa hingga beberapa saat. Setelah selesai, tunggu minyak sedikit mendingin kemudian saring.

Bahan dan Cara Membuat Kuah Kaldu Ayam

Siapkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat kuah kaldu ayam:

- Air putih 2 lt

- Tulang ayam ½ kg

-  Garam secukupnya

- Lada bubuk secukupnya

Setelah bahan siap, rebus air dalam panci besar. Setelah air mendidih, rebus tulang ayam yang telah dibersihkan. Kemudian tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya.

Setelah itu, masak kuah kaldu kuah kaldu beberapa saat dan pastikan untuk mengoreksi rasanya. Setelah kuah matang, sisihkan terlebih dahulu dan siapkan bahan lain.

Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Enak

1. Langkah pertama, rebus mie dan sawi hijau yang telah dipotong-potong sesuai selera.

2. Di sisi lain, siapkan mangkuk dan masukkan 2 sendok makan minyak mie ayam yang sebelumnya sudah dibuat. Tambahkan juga 1 sendok makan kecap asin dalam mangkuk dan aduk rata.

3. Setelah mie dan sawi telah matang, tiriskan dan masukkan ke dalam mangkuk kemudian aduk hingga rata.

4. Kemudian, tuang kuah kaldu sesuai selera dan aduk rata.

5. Terakhir, taruh topping daging ayam yang sebelumnya sudah dibuat. Sebagai pelengkap, tambahkan bawang goreng, dan potongan daun bawang. Kamu juga bisa menambahkan topping lain seperti pangsit atau bakso.

6. Setelah itu, mie ayam siap disajikan dengan saus dan sambal sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan acar jika ingin sajian mie ayam semakin lengkap.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT