Mencicipi nasi gandul khas Pati (Foto: Instagram @dapur_izma)
Vien Dimyati

JAKARTA, iNews.id - Bagi yang suka kuliner Jawa Tengah, tentu sudah tidak asing dengan nasi gandul. Kuliner khas Pati ini terkenal memiliki rasa yang lezat dan gurih.

Nasi gandul atau sego gandul adalah masakan yang sepintas mirip dengan semur daging dan gulai. Biasanya disajikan  bersama dengan nasi putih dan potongan daging sapi. 

Cara penyajian nasi gandul identik dengan kuahnya yang berlimpah. Rasanya makin menggugah selera jika ditambah dengan sambal, kerupuk, tempe, dan lauk lainnya.

Kali ini, jika tertarik mencicipi nasi gandul yang enak dan lezat, Anda bisa membuat di rumah dengan pilihan bahan spesial. Untuk membuat nasi gandul, Anda hanya membutuhkan beberapa bumbu seperti santan, gula merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jahe, dan masih banyak lagi.

Menu nasi gandul bisa menjadi menu sehari-hari yang dapat Anda sajikan kepada anggota keluarga. Penasaran ingin membuat nasi gandul yang enak dan lezat? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @dapur_izma, Selasa (24/5/2022).

Bahan:

500 gram daging sapi
1 liter santan
1 liter air
1/2 sdm gula merah
4 sdm kecap manis
Secukupnya garam dan kaldu bubuk
Secukupnya minyak untuk menumis

Rempah Utuh Geprek:

2 batang sereh
1 ruas jari lengkuas
2 cm kayu manis
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
2 cm jahe
1 cm kencur
1/2 sdt jinten
1/2 sdt pala bubuk
1/4 sdt merica
Secukupnya garam, gula pasir dan kaldu bubuk

Cara membuat:

1. Didihkan air, masukkan daging sapi, rebus 10 menit, angkat lalu buang airnya agar tidak bau amis, ganti air baru lalu rebus lagi sampai daging empuk, angkat, lalu potong-potong.
2. Tumis bumbu halus bersama daun salam, sereh, lengkuas, kayu manis, daun jeruk dan daun salam sampai harum dan matang. Lalu masukkan daging, aduk sampai berubah warna, tuangi air, masak dengan api kecil.
3. Tuangi santan, bumbui garam, gula, pala bubuk, kecap manis dah lada bubuk, masak sampai bumbu meresap dan daging empuk, koreksi rasa, bila sudah pas matikan api.
4. Sajikan dengan nasi dan bawang goreng.
5. Penyajian, siapkan piring yang sudah dialasi daun, tata nasi di atasnya, beri daging lalu siram kuah, taburi bawang goreng, sajikan dengan pelengkap.



Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT