Cara Membuat Topokki Korea ala Indonesia (Foto:Pexels)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Berikut ini adalah cara membuat Topokki Korea ala Indonesia. Topokki atau Tteokbokki atau kue beras merupakan makanan atau jajanan Korea yang sedang hits.

Bagi pecinta drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan street food yang satu ini. Topokki tampak begitu nikmat karena penyajiannya disiram dengan saus gochujang yang berwarna merah dan sedap.

Tekstur kenyal dari kue beras dan rasa pedas dari gochujang ternyata cocok dengan lidah orang Indonesia. Maka tidak heran jika jajanan yang satu ini langsung menjadi favorit orang Indonesia.

Apalagi, saus gochujang biasanya bisa dikreasikan sesuai dengan selera Indonesia. Saus gochujang merupakan saus asam pedas hasil fermentasi dari beberapa bahan antara lain beras dan cabai.

Untuk lebih praktis, biasanya orang Indonesia bisa mengganti saus gochujang dengan saus pedas serupa yang lebih praktis tanpa harus difermentasi.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara membuat Topokki Korea ala Indonesia. Sebelum membuatnya, tentu tidak lupa untuk menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Siapkan komposisi untuk membuat kue beras dan saus pengganti gochujang.

Bahan Garaetteok (Kue beras)

- 6 dm tepung beras

- 2 sdm tepung kanji/tapioka

- 1 sdm minyak wijen

- 1 sdt kaldu ayam

- Garam secukupnya

- 120 ml air panas

Bahan saus pengganti gochujang (ala Indonesia):

- 4 bawang putih cincang

- 1/2 bawang bombay cincang

- 6 rawit merah haluskan

- 2 sdm margarin

- 4 sdm saus sambal

- 2 sdm saus tomat

- 2 sdm mayonaise

- 1 sdm saus tiram

- 1 sdm kecap asin

- taburan cabai bubuk

- irisan daun bawang

- sedikit air (sekitar 70ml)

Cara membuat Topokki ala Indonesia

1. Campur semua bahan tteok dalam satu wadah, lalu siram dengan air panas sedikit demi sedikit untuk membentuknya.

2. Setelah dibentuk panjang-panjang, kemudian potong lalu rebus menggunakan air telah diberi minyak agar tidak lengket satu sama lain. Tunggu hingga mengapung lalu angkat dan tiriskan..

3. Untuk membuat sausnya, tumis bawang putih cincang, bawang bombay iris dan rawit halus dengan menggunakan 2 sendok makan margarin.

4. Kemudian tambah minyak sedikit, lalu masukkan tteok dan sosis kemudian tambahkan sedikit air.

5. Tambahkan saus sambal, saus tomat, mayonaise dan bumbu-bumbu lain yang telah disiapkan. 

6. Setelah dimasak beberapa saat, kemudian taburkan irisan daun bawang dan cabai bubuk sesuai selera.

Itulah cara membuat Topokki Korea ala Indonesia yang dapat dilakukan dengan mudah. Pembeda antara Topokki asli dan ala Indonesia tak lain adalah sausnya. Kamu juga dapat membuat saus sejenis dengan kreasi bumbu lain untuk mengganti saus gochujang.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT