Mencicipi nasi goreng (Foto: just one cook blok)
Wilda Fajriah

JAKARTA, iNews.id - Nasi goreng merupakan salah satu menu paling mudah dimasak kapan saja. Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Indonesia yang satu ini. 

Tidak hanya disukai di Indonesia, nasi goreng juga populer di mancanegara. Tidak susah menemukan penjual nasi goreng karena tersebar di mana-mana. Mulai dari penjaja kaki lima, hingga restoran mewah pun menyediakan menu nasi goreng.

Tak hanya itu, nasi goreng juga terbilang mudah untuk disajikan. Bahkan, beberapa orang juga membuat nasi goreng sebagai menu sarapan. Di Indonesia, nasi goreng merupakan makanan yang dapat disajikan kapan pun, baik makan pagi, siang, dan malam.

Selain di Indonesia, nasi goreng juga tersedia di negara lain, tetapi mungkin dengan bumbu dan penyajian yang berbeda. Meski bumbu yang digunakan berbeda satu sama lain, tetapi bahan utamanya adalah nasi.

Nasi goreng sudah tidak asing lagi di telinga kita, tapi tahukah Anda mengenai asal-usul makanan ini? Ternyata, nasi goreng sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yakni sekitar 4.000 tahun sebelum Masehi.

Makanan enak ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa. Karena rasanya yang lezat, resep masakan nasi goreng pun tersebar.

Mereka memanfaatkan nasi yang sudah dingin. Dengan adanya ide membuat nasi goreng, pemborosan beras pun saat itu sudah ada solusinya. Jadi, sisa nasi yang tidak dimakan oleh anggota keluarga bisa dijadikan hidangan baru dengan rasa yang lezat.

Ide memasak nasi goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka dengan makanan dingin. Oleh sebab itu, mereka pun mencoba untuk memasak kembali nasi yang sudah dingin tersebut.

Agar terasa lebih enak, mereka memasukkan bumbu sewaktu memasak. Tidak disangka, ternyata nasi goreng yang dibuat sangat digemari masyarakat Tionghoa.

Saat ini, nasi goreng pun memiliki banyak varian yang disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Mulai dari nasi goreng tradisional, nasi goreng kambing, nasi goreng seafood, dan masih banyak lagi.


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT