JAKARTA, iNews.id - Jumlah kedai kopi di Indonesia terus tumbuh bak cendawan di musim hujan. Ini terlihat dari menjamurnya jumlah kedai kopi kekinian dalam tiga tahun terakhir.
Banyak faktor yang mendorong pertumbuhan kedai kopi Indonesia. Pertama, kebiasaan atau budaya nongkrong sambil ngopi. Kemudian, meningkatnya daya beli konsumen dengan tumbuhnya kelas menengah dan harga kopi semakin terjangkau.
Ketiga, dominasi populasi anak muda Indonesia (generasi Y dan Z) yang menciptakan gaya hidup baru dalam mengonsumsi kopi. Selain itu, kehadiran media sosial memudahkan pemilik kedai kopi beraktivitas marketing dan promosi.
Tak kalah penting, kehadiran platform ride hailing (grabfood dan gofood) yang memudahkan proses penjualan. Keenam, rendahnya entries barriers dalam bisnis kopi yang ditunjang dengan ketersediaan pasokan bahan baku, peralatan (mesin kopi), dan sumber daya untuk membangun bisnis kedai kopi.
Tak heran, kedai kopi bermunculan. Salah satunya Kopi Janji Jiwa Ungaran di Radja Pendapa Gallery, Leyangan, Semarang, Jawa Tengah. Selama sepekan pembukaan gerai kopi banyak pengunjung singgah.