Begini Detik-Detik Ganasnya Luapan Air Terjun Lembah Anai di Jalinsum

Eka Guspriadi ยท Senin, 10 Desember 2018 - 22:59 WIB
Begini Detik-Detik Ganasnya Luapan Air Terjun Lembah Anai di Jalinsum

Jalinsum mendadak banjir usai air terjun Lembah Anai meluap dan membanjir badan jalan. (Foto: iNews/Eka Guspriadi)

TANAH DATAR, iNews.id – Air terjun Lembah Anai di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di Kenagarian Singgalang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), meluap, Senin (10/12/2018) pukul 18.10 WIB. Aliran air terjun setinggi 35 meter itu keluar hingga ke badan jalan dan membuat kendaraan roda dua maupun roda empat yang sedang melintas nyaris hanyut.

Informasi yang dirangkum iNews, selain membanjiri badan jalan, satu jembatan di Kecamatan 2x11 Katu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, ambruk akibat derasnya aliran air terjun tersebut. Hingga saat ini Jalinsum dari Padang ke Bukittinggi maupun arah sebaliknya dialihkan ke jalan alternatif Sicincin Malalak.

Belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Diketahui, saat hujan deras di bagian hulu Gunung Singgalang, debit air terjun berubah menjadi besar. Air yang datang dan meluap seketika membuat jalanan mendadak banjir hanya dalam hitungan detik.

“BPBD setempat masih melakukan pendataan. Longsor juga terjadi di beberapa tempat menyebabkan lalu lintas terhambat,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho.


Editor : Donald Karouw