Polda DIY Selidiki Kasus Ikan Mati di Laguna Pantai Trisik

Kuntadi · Selasa, 11 Juni 2019 - 16:51 WIB
Polda DIY Selidiki Kasus Ikan Mati di Laguna Pantai Trisik

Ikan mati di Laguna Pantai Trisik diduga akibat limbah. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

SLEMAN, iNews.id – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turun tangan menyelidiki matinya ribuan ikan di Laguna Pantai Trisik. Polisi juga berkoordinasi dengan jajaran dinas pemerintah daerah (pemda).

"Hari ini personel dari Polairud Polda DIY turun ke lapangan," kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yulianto, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (11/6/2019).

Ada lima personel yang kini tengah mengumpulkan data dan meminta keterangan warga di sana. Mereka juga berkomunikasi dengan dinas dari Pemerintah Provinsi DIY dan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

BACA JUGA: Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Trisik, Ini Hasil Temuan DKP Kulonprogo

Dari pemeriksaan sementara, kata dia, penyidik belum bisa memastikan penyebab kematian ikan di laguna tersebut. Namun, dari informasi warga memang diduga akibat tercemar limbah dari tambak udang.

"Tapi kita belum bisa pastikan apa penyebab kematian ikan ini," ujarnya.

Sebelumnya, ribuan ikan di Laguna Pantai Trisik ditemukan mati pada akhir pekan kemarin. Insiden ini disebut bukan pertama kalinya, karena beberapa kali banyak ikan mati akibat debit air di sana menurun.

BACA JUGA: Diduga Keracunan, Ribuan Ikan di Laguna Pantai Trisik Mati

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, Sugiharto mengatakan, sudah ada petugas turun ke lapangan untuk mengecek kandungan air.

Menurut dia, PH atau derajat keasaman air di laguna cukup tinggi. Bila kondisi normal pada angka tujuh, pengecekan kemarin berada di 9,3.

"Matinya ikan ini juga dipastikan bukan karena penyakit. Sebab jika penyakit pasti tidak akan sebanyak ini," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal