10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Ada yang Capai 48.000 Km

Viola Triamanda ยท Jumat, 17 Juni 2022 - 13:36:00 WIB
10 Jalan Tol Terpanjang di Dunia, Ada yang Capai 48.000 Km
Pan American Highway, salah satu jalan tol terpanjang di dunia. Foto: Reuters

JAKARTA, iNews.id - Jalan tol adalah singkatan dari Tax on Location, yang berarti jalan yang dikenakan pajak. Jalan ini kerap menjadi alternatif bagi para pengguna jalan untuk menghindari kemacetan dan mempersingkat durasi perjalanan.

Dan ternyata dari banyaknya tol di dunia, ada beberapa yang termasuk dalam kategori jalan tol terpanjang di dunia. Berikut ini 10 jalan tol terpanjang di dunia:

1. Pan American Highway

Jalan ini membentang dari Buenos Aires di Amerika Selatan hingga Edmonton di Amerika Utara. Dengan panjang jalan sekitar 48.000 kilometer (km), jalan tol ini dinobatkan sebagai jalan tol terpanjang di dunia. 

Pan American Highway terdiri dari jalan raya interkoneksi, yang menghubungkan lebih dari 20 negara di Amerika, kecuali Darien Gap atau penghalang 100 km di tengah jalan, yang terletak antara Panama dan Kolombia.

Pembangunan jalan ini dimulai pada 1923. Bagian jalan tol yang melintasi Meksiko dibangun dan dibiayai sepenuhnya oleh Meksiko, sedangkan bagian yang melewati Amerika Tengah dibangun dan sepenuhnya didanai oleh Amerika Serikat.

2. Highway 1 Australia

Jalan ini terdiri dari jalan raya yang saling berhubungan dengan panjang mencapai 14.500 km . Jalan ini juga diresmikan sebagai jalan raya nasional pada 1955.

Rute Highway 1 Australia menyentuh semua negara bagian yang ada di Australia, kecuali Brisbane dan Darwin. Hampir 1 juta orang menggunakan jalan tol ini setiap hari.

3. Trans Siberian Highway

Jalan ini membentang dari St Petersburg ke Vladivostok di Rusia dengan panjang 11.000 km. Terdapat tujuh jalan raya federal di sepanjang bentangan jalan tol ini, yang bertepatan dengan rute Eropa E30 dan melewati Kazakhstan. 

Bagian terpanjang dari seluruh jalan tol ini adalah rute Rusia M58 atau Jalan Raya Amur sepanjang 2.100 km di Rusia yang menghubungkan Chita dan Khabarovsk.

4. Trans Canada Highway

Canada Highway adalah jalan raya terpanjang keempat di dunia dengan panjang keseluruhan mencapai 7.821 km. Jalan ini membentang ke Timur-Barat dari Victoria di British Columbia ke Kota St. John di Newfoundland dan Labrador. 

Jalan ini juga melewati 10 provinsi Kanada, dan menghubungkan semua kota besar di Kanada. Jalan ini selesai dibangun pada 1962, namun pengaspalan dan pekerjaan bangunan lainnya berlangsung hingga 1970-an dengan investasi keseluruhan sekitar 1 miliar dolar AS. 

5. Golden Quadrilateral Highway Network India

Jalan ini menghubungkan 4 kota metropolitan di India, yaitu Delhi, Mumbai, Chennai, dan Kolkata. Jalan tol sepanjang 5.846 km ini selesai dibangun pada Januari 2012. Jalan ini memiliki antara empat hingga enam lajur di seluruh rute.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda