10 Pihak Putuskan Kerja Sama, Kanye West Tak Lagi Masuk Daftar Miliarder

Jeanny Aipassa · Minggu, 06 November 2022 - 22:33:00 WIB
10 Pihak Putuskan Kerja Sama, Kanye West Tak Lagi Masuk Daftar Miliarder
Kanye West. (Foto: istimewa)

NEW YORK, iNews.id - Forbes menyatakan Kanye West tak lagi masuk daftar miliarder gara-gara 10 pihak baik perusahaan maupun perserorangan memutuskan kerja sama dengannya. 

Hal itu dipicu cuitan antisemit (anti Yahudi) dari Kanye West baru-baru ini, yang telah membuat akun Twitter rapperdan produser musik itu diboikot sementara.

Tak hanya itu, banyak perusahaan dan individu yang semula menjalin kerja sama dengan mantan suami Kim Kardashian ini, memutuskan kesepakatan bisnis akibat komentar antisemit tersebut. 

Forbes menyebut, sebelumnya Kanye West memiliki kekayaan bersih senilai 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp31,229 triliun. Namun kurang dari sebulan setelah cuitannya antisemit tersebut, kekayaan bersihnya dilaporkan turun menjadi 400 juta dolar AS atau sekitar Rp6,245 triliun.

"Dengan kekayaan bersih yang turun dari 2 miliar dolar AS menjadi sekitar 400 juta dolar AS, rapper Kanye West kini 
bukan lagi seorang miliarder," demikian laporan Forbes baru-baru ini. 

Disebutkan, kekayaan Kanye West senilai 400 juta dolar AS itu sudah termasuk uang tunai, real estat, dan nilai musiknya. Dia juga memiliki 5 persen dari Skims, merek shapewear yang didirikan oleh mantan istrinya Kim Kardashian West.

Salah satu kerugian finansial terbesar Kanye West adalah kesepakatan bisnis senilai 1,5 miliar dolar AS dengan Adidas yang dibatalkan. 

Adidas secara resmi mengumumkan telah mengakhiri kemitraannya dengan Kanye West dengan alasan telah meningkatkan ketegangan publik atas pernyataannya yang penuh kebencian. 

Organisasi seperti Liga Anti-Pencemaran Nama Baik, selebriti dan tokoh terkenal termasuk agen bakat Ari Emanuel meminta perusahaan untuk berhenti bekerja dengannya.

Berikut 10 perusahaan dan perseorangan yang secara resmitelah memutuskan kesepakatan bisnis dengan Kanye West: 

1. TJ Maxx & lainnya

TJX Companies, yang memiliki TJ Maxx dan department store lain seperti Marshalls dan Homegoods, mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka tidak akan lagi menjual pakaian Ye.

"Di TJX kami tidak mentolerir diskriminasi, pelecehan, atau kebencian dalam bentuk apa pun. Kami telah menginstruksikan tim pembelian kami untuk tidak membeli barang dagangan ini untuk dijual di toko kami secara global," kata juru bicara TJX dalam sebuah pernyataan kepada CBS News.

2. Adidas

Adidas mengumumkan mengakhiri kemitraannya dengan Ye, nama panggilan Kanye West, pada 25 Oktober 2022. Perusahaan mengatakan akan segera menghentikan produksi lini Yeezy yang menggunakan Kanye West sebagai brand Ambasador. Akibat pemutusan kontrak tersebut, diperkirakan akan menimbulkan biaya sebesar 246 juta dolar AS pada laba tahun ini. 

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda