10.000 Pengunjung Padati Pantai Pangandaran di Akhir Pekan, Menko Luhut: Harus Tetap Waspada

azhfar muhammad ยท Senin, 27 September 2021 - 21:55:00 WIB
10.000 Pengunjung Padati Pantai Pangandaran di Akhir Pekan, Menko Luhut: Harus Tetap Waspada
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (kanan atas) saat konferensi pers vortual evaluasi PPKM, di Jakarta, Senin (27/9/2021). (Foto; Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Panjaitan, meminta semua pihak tetap waspada meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dilonggarkan di sejumlah wilayah Jawa-Bali. 

Pernyataan itu, disampaikan Luhut seiring laporan Dandim di Pangandaran, Jawa Barat, bahwa sekitar 10.000 pengunjung telag mendatangi kawasan wisata Pantai Pangandaran pada akhir pekan lalu. 

“Kemarin saya mendapat laporan Dandim di Pangandaran lebih 10 Ribu orang yang datang Minggu kemarin di Pangandaran, walaupun sudah diatur dengan ini-itu," kata Menko Luhut melaui konferensi virtual ebaluasi PPKM, di Jakarta, Senin (27/9/2021). 

Dia pun mewanti-wanti kepada masyarakat dan meminta seluruh pihak harus tetap waspada dengan potensi lonjakan kasus Covid-19 di Gelombang tiga. Pasalnya, saat ini telah muncul varian baru Covid-19, yaitu varian Mu.

"Sebab itu seluruh masyarakat dan pengamanan harus selalu diperhatikan. Sebab berbahaya jika tidak diatur, belum semua divaksinasi Covid-19 dan terhubung aplikasi PeduliLindungi, nanti akan menyebabkan peningkatan kasus kembali," ujar Luhut.

Dia juga menyampaikan, mobilitas masyarakat ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan mengalami peningkatan pada akhir pekan lalu, meski pemerintah sudah memberlakukan aturan ganjil genap.

Menko Luhut memaklumi jika ramainya masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan disebabkan oleh rasa lelah setelah sekian lama berdiam diri di rumah. 

"Mungkin orang sudah sangat lelah untuk tinggal di rumah. Tetapi tetap saja mobilitas harus dibatasi. Ini menjadi perhatian kita semua," papar Luhut. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: