12 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal, Bisa Langsung Dicoba

Jeanny Aipassa ยท Minggu, 29 Mei 2022 - 17:04:00 WIB
 12 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal, Bisa Langsung Dicoba
Ilustrasi Bisnis Online. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Peluang bisnis online tanpa modal semakin terbuka luas di era digital saat ini. Apalagi bagi kamu yang memiliki keahlian khusus dan niat untuk membangun usaha mandiri. 

Hanya dengan bermodalkan fasilitas smartphone beserta jaringan internet, Anda bisa menekuni peluang bisnis online tanpa modal, karena sebagian besar menawarkan jasa dan keahlian.  

Berikut 12 peluang bisnis online tanpa modal yang bisa langsung dicoba oleh pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga, sebagaimana dirangkum iNews dari berbagai sumber: 

1. Guru Les Online

Pandemi Covid-19 membuat aktivitas masyarakat termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa dilakukan dari rumah secara online. Hal itu, kerap membuat repot orang tua karena harus mendampingi anak belajar bahkan menyelesaikan pekerjaan rumah (PR). 

Nah, jika kamu adalah pelajar dan mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan, menjadi guru les online merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika kami cukup menguasai mata pelajaran khusus, seperti matematika yang kerap membuat orang tua kesulitan membantu anak-anak mereka dalam proses belajar. 

2. Jasa Titip

Bagi kamu yang senang berselancar di media sosial, mungkin sering menemukan konten yang menawarkan jasa titip. Hanya dengan bermodalkan rekaman video dan info diskon produk di toko pakaian atau supermarket, kamu bisa menawarkan jasa titip bagi orang-orang yang tertarik membeli produk tersebut, namun tak memiliki waktu atau lokasi rumahnya jauh. 

Tentunya, kamu harus pintar bernegosiasi agar tidak kena tipu orang-orang yang iseng ingin membeli produk, namun tidak mentransfer dana yang kamu belanjakan. Sebaiknya, kamu membeli barang pesanan jika sudah menerima transfer dana dari orang yang ingin menggunakan  jasa titip yang kamu tawarkan.

3. Dropshipper

Profesi Dropshipper cukup booming selama masa pandemi. Pasalnya, kamu bisa menjadi agen atau distributor produk tanpa perlu menampung barang yang hendak dijual, seperti pedagang atau reseller. 

Dropshipper adalah orang yang bertindak layaknya agen atau penghubung, antara pembeli dan penjual. Sementara pedagang atau reseller harus membeli barang atau produk yang dijualnya terlebih dahulu dari penjual. 

Misalnya, kamu menjadi dropshiper produk frozen food, maka ketika ada pembeli yang memesan produk tersebut, kamu kemudian meneruskan pesanan dari pembeli ke penjualnya, dan penjualnya yang menyiapkan produk dan mengirimkan ke pembeli dengan menggunakan nama kamu. 

4. Translater atau Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup mumpuni, jangan sia-siakan. Cobalah untuk menggunakan keahlian khusus kamu tersebut, untuk menghasilkan uang. 

Apalagi di masa pandemi, permintaan jasa translater atau penerjemah cukup tinggi, khususnya untuk konten di Youtube dan aplikasi TV, novel, dan kartun online. 

Tak hanya itu, banyak juga UMKM yang membutuhkan jasa translater untuk menghubungkan mereka dengan pembeli atau investor dari luar negeri, karena pemasaran yang semakin luas melalui internet. 

5. Admin Media Sosial

Kamu jago merangkai kata-kata, layaknya tagline iklan yang nempel di ingatan? Cobalah untuk menjadi admin media sosial. Sama seperti penulis, admin media sosial kini sedang banyak dicari, karena bisa membuat kata-kata yang menarik netizen menonton konten atau produk yang dipasarkan. 

6. Influencer

Kamu punya banyak followers di media sosial? Konten kamu sering mendapat banyak komentar dan tanda like? jangan sungkan untuk menawarkan diri menerima endorse. 

Profesi influencer adalah figur di media sosial yang bisa memengaruhi para pengguna sosial media lainnya lewat postingan-postingan yang mereka buat.

Dari mana seorang influencer menghasilkan uang? Salah satunya dari endorse. Bayaran buat influencer di YouTube mencapai lebih dari 12.000 dolar AS dengan pengikut 100.000-500.000, Facebook mencapai lebih dari 6.000 dolar AS, Instagram sebesar 5.000 dolar AS, dan Twitter sekitar 2.000 dolar AS.

7. Vlogger
Ini juga bisa jadi bisnis online tanpa modal yang menjanjikan. Buktinya rata-rata yang menjadi vlogger punya penghasilan lebih dari UMR. Bayaran vlogger bervariasi, namun rata-rata di atas dua digit per bulan.

Pendapatan vlogger diperoleh dari endorse produk atau jasa di dalam video yang mereka buat. Belum lagi ditambah iklan-iklan atau adSense yang terpampang di video mereka.

8. Konsultan

Kamu memiliki suatu keahlian yang layak untuk dibagikan ke orang banyak? Cobalah untuk membuka jasa konsultan, misalnya konsultan keuangan, parenting, seksologi, hingga spiritual. 

Promosikan keahlian kamu di media sosial, dan jangan lupa cantumkan testimoni atau portofolio klien-klien yang sukses berkonsultasi dengan kamu. Untuk dunia profesional ini, kamu bisa mencantumkan daftar kesuksesanmu itu di LinkedIn.

9. Instruktur Olahraga dan Diet

Sama seperti konsuktan, keahlian Anda sebagai instruktur untuk program olah raga atau diet juga bisa menjadi peluang bisnis online yang mendatangkan penghasilan. 

Apalagi selama masa pandemi, banyak orang yang mengalami masalah kesehatan karena obesitas, sehingga banyak yang ingin mengikuti program diet dan olah raga. 

10. Desain Grafis

Jika kamu memiliki skill menggambar yang oke, kenapa tidak buka jasa desain grafis? Banyak yang bisa kamu kerjakan dengan desain grafis, mulai dari mendesain website, mendesain undangan, logo perusahaan, brand, brosur, dan lain-lain. Tak perlu khawatir, bayaran untuk desain grafis cukup besar loh tergantung pada tingkat kesulitan desain yang dibuat. 

11. Copy Writer, Conten Writer, dan Penulis Lepas

Era digital membuat bisnis beralih secara online. Itu sebabnya, banyak dunia usaha atau perusahaan yang membutuhkan penjelasan untuk mempromosikan produk dan bisnis mereka. 

Tentu saha hal itu membutuhkan keahlian seorang penulis. Makanya, sekarang pekerjaan menjadi penulis banyak dicari, antara lain untuk content writer, atau copywriter. 

Nah untuk bisnis UMKM, biasanya karena keterbatasan dana, mereka tak bisa membiayai pegawai tetap untuk content writer atau copywriter, sehingga menggunakan jasa penulis lepas.

12. Joki Game Online

Main game online, selain menjadi hobi yang menyenangkan juga bisa menghasilkan uang. APalagi bagi beberapa games online yang banyak digemari masyarakata dari anak-anak hingga orang tua, seperti mobile legends. 

Bagi beberapa pemain games online biasanya untuk meningkatkan gengsi maka harus menaikan peringkat atau ranking. Itu sebabnya, terkadang dibutuhkan jasa joki games online untuk membantu meningkatkan peringkat pemain. 

Tidak tanggung-tanggung, bayaran untuk joki game online seperti Mobile Legends bisa mencapai Rp21 juta loh.

Demikian informasi mengenai 12 peluang bisnis online tanpa modal yang bisa langsung dicoba selama kamu memiliki keahlian yang dibutuhkan. Siapa tahu, bisa membuat kamu mendapat penghasilan tambahan. Selamat mencoba. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: