5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Karyawan Fresh Graduate
JAKARTA, iNews.id - Cara mengatur keuangan pribadi untuk karyawan fresh graduate perlu dilakukan agar tak mengalami besar pasak daripada tiang.
Lulus kuliah dan langsung mendapat pekerjaan akan membuat seorang fresh graduate merasa memiliki financial freedom. Pasalnya, dengan memiliki penghasilan, kamu bisa membeli barang yang kita suka atau nongkrong dengan teman tanpa perlu meminta duit dari orang tua.
Namun hal ini bisa menjebak seorang fresh graduate hidup dengan kondisi besar pasak daripada tiang. Artinya, penghasilan tak mampu menutupi kebutuhan bahkan gaya hidup.
Berikut 5 cara mengatur keuangan pribadi untuk karyawan fresh graduate agar tidak mengalami besar pasak daripada tiang:
1. Buat Rincian Pengeluaran Pokok
Cara mengatur keuangan pribadi adalah dengan membuat rincian pengeluaran pokok kamu dalam sebulan. Tentunya pengeluaran pokok ini harus kamu amankan setiap mendapat gaji.