5 Cara Negara Maju Meningkatkan Kualitas Ekonominya, Apa Saja?

Aditya Pratama ยท Minggu, 19 Juni 2022 - 15:47:00 WIB
5 Cara Negara Maju Meningkatkan Kualitas Ekonominya, Apa Saja?
Terdapat berbagai cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya. Kesejahteraan rakyat menjadi salah satu tolak ukur suatu negara menilai kondisi ekonominya. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Terdapat berbagai cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya. Kesejahteraan rakyat menjadi salah satu tolak ukur suatu negara dalam menilai kondisi ekonominya.

Negara maju dapat diketahui dari standar hidup yang relatif tinggi. Hal ini membuat rakyatnya memiliki kualitas hidup dan kesejahteraan yang tinggi.

Negara maju biasanya mempunyai Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita tinggi. Selain itu, angka pertumbuhan penduduk di negara maju relatif rendah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya.

1. Memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber Daya Alam merupakan sesuatu yang berasal dari alam mencakup kesuburan tanah, letak dan susunannya, kekayaan alam, mineral, sumber air hingga sumber kelautan. 

Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah dan mampu memanfaatkannya jadi salah satu cara negara maju meningkatkan kualitas ekonominya.

2. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. SDM berperan sebagai elemen utama dalam organisasi, karena manusialah yang kemudian akan mengendalikan faktor lainnya.

SDM tidak hanya dihitung berdasarkan jumlahnya saja, namun lebih kepada efisiensinya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda