5 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Ada yang Sangat Potensial dan Menjanjikan

Rilo Pambudi ยท Selasa, 16 Agustus 2022 - 09:00:00 WIB
5 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Ada yang Sangat Potensial dan Menjanjikan
Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Bisnis makanan ringan (Foto: Marilyna/ Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing menarik disimak untuk inspirasi bisnis. Sebelum memulai sebuah bisnis, hal yang perlu disiapkan selain modal adalah mengetahui pasar dan kompetitor. 

Modal atau budget adalah faktor penting dan berpengaruh pada sebuah usaha. Semakin besar modal, maka peluang bisnis dalam berbagai bidang akan semakin luas juga.

Namun, bagaimana jika seorang pengusaha hanya memiliki sedikit modal untuk berbisnis? Hal itu tentu harus diimbangi dengan analisis risiko yang baik.

Salah satu caranya adalah melirik usaha yang belum banyak pesaing atau kompetitor.

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

1. Bisnis Kreasi Makanan Ringan

Kreasi makanan ringan adalah jenis usaha modal sedikit yang belum banyak pesaing. Mengkreasikan makanan ringan yang umum ada di pasaran mungkin belum banyak dilirik.

Makanan ringan atau snack sejatinya adalah komoditi yang selalu laku. Namun jika dikreasikan baik secara kreasi produk ataupun kemasan, tentu hal itu akan menjadi pembeda dari para pesaing. Misalnya saja kreasi dari jenis jajanan makaroni kering, keripik atau kerupuk, bakso goreng (basreng), hingga popcorn.

2. Bisnis Frozen Food

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya adalah bisnis Frozen Food atau makanan beku. Sama seperti bisnis makanan ringan, permintaan terhadap produk makanan beku juga kian meningkat. Khususnya sejak era pandemi. 

Pasalnya, kini telah semakin banyak orang memerlukan makanan praktis dan bisa disimpan lama di dalam pendingin. Oleh sebab itu, tidak heran jika bisnis frozen food untuk produk-produk seperti sosis, nugget, dan french fries semakin ramai peminat. 

3. Bisnis Katering Makanan Sehat

Saat ini, telah banyak orang sadar akan gaya hidup sehat. Perubahan ke gaya hidup sehat itu biasanya dilakukan dengan memperbaiki pola makan. 

Katering makanan sehat sebenarnya mulai banyak peminatnya. Namun, katering sehat ini biasanya dibandrol harga tinggi. Jika bisa mendapatkan kreasi bahan-bahan lokal dengan harga murah, bisnis ini akan cukup menjanjikan. Terutama jika ditawarkan sebagai paket katering harian, mingguan, atau bulanan.

4. Bisnis Minuman Kesehatan

Sama dengan katering sehat, bisnis minuman sehat juga dapat menjadi usaha yang minim modal sekaligus belum banyak pesaingnya.

Padahal banyak jenis minuman sehat yang kini semakin diminati konsumen. Terlebih, semakin meningkatnya kesadaran orang-orang terkait pola hidup sehat.

Contoh jenis minuman sehat sangat beragam. Salah satu jenis yang laku adalah minuman sehat dipercaya sebagai pengobatan dan suplemen. Permintaan jenis minuman sehat tersebut juga meningkat semenjak semenjak pandemi.

Contohnya mulai dari jamu hingga jus alami yang sangat mudah pembuatannya. Kreasi jamu jahe lemon, teh serai, jus murni (cold-press) bisa menjadi contoh sebagai minuman tradisional namun kekinian dan bisa dibuat dengan mudah. Ada lagi jenis minuman kaya serat seperti aneka jus dan susu kedelai. Hanya bermodal alat dan bahan-bahan yang murah saja, kamu bisa memulai usaha tersebut.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda