5 Konglomerat Indonesia yang Sukses Membangun Masjid, Nomor 1 Mualaf

Advenia Elisabeth ยท Senin, 24 Oktober 2022 - 20:03:00 WIB
5 Konglomerat Indonesia yang Sukses Membangun Masjid, Nomor 1 Mualaf
5 konglomerat yang sukses membangun masjid. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Ada 5 konglomerat Indonesia yang sukses membangun masjid, salah satu diantaranya adalah seorang mualaf. Selain fokus mengelola kerajaan bisnis, para konglomerat ini juga rajin beramal, termasuk membangun tempat ibadah bagi umat Muslim.

Para konglomerat ini berasal dari latar-belakang berbeda, salah satunya bahkan merupakan seorang mualaf. Mereka membangun masjid di sejumlah daerah di Indonesia.

Menariknya, masjid-masjid yang dibangun dengan uang pribadi para konglomerat itu, memiliki ciri khas dan keunikan tertentu, bahkan berarsitektur megah.  

Berikut 5 konglomerat Indonesia yang sukses membangun masjid sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Senin (24/10/20220): 

1. Jusuf Hamka

Siapa yang kenal Jusuf Hamka. Pria berdarah Chinese yang menjadi seorang mualaf itu, bercita-citqa membangun 1.000 masjid. 

Konglomerat yang dikenal sebagai pengusaha jalan tol ini menarik perhat9ian saat mendirikan masjid yang diberi nama Masjid Babah Alun yang terletak di Cilandak Barat, Jakarta Selatan. 

Masjid itu berdiri di atas tanah sekitar 450 meter persegi, area masjid terdiri dari tiga bangunan. Menariknya, masjid itu didesain khas Tionghoa. 

Saat ini Jusuf Hamka sudah memiliki banyak masjid dan akan membangun lagi hingga tercapai 1.000 masjid sesuai dengan cita-citanya.

2. Haji Isam

Nama Haji Isam mendadak jadi sorotan masyarakat di tengah kasus dugaan suap pajak. Namun siapa sangka, Pemilik PT Jhonlin Group itu adalah orang super kaya yang memiliki banyak bisnis di segala sektor antara lain kelapa sawit dan batubara.

Bahkan, dia membangun sebuah masjid megah di Kalimantan Selatan bernama Masjid Al-Falah, Batulicin. Masjid itu dibangun cantik dengan nuansa emas di tiap kubahnya dan berarsitektur Timur Tengah. 

Meski demikian, beberapa ornamen khas Kalimantan Selatan juga tampak melekat di masjid tersebut. Masjid dua lantai ini berdiri di tanah seluas 1,6 hektare dan memiliki fasilitas yang cukup komplet.\

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda