5 Kota Termahal dan Termurah di Dunia, Posisi Pertama Paling Mahal Ada di Timur Tengah

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 12:49:00 WIB
5 Kota Termahal dan Termurah di Dunia, Posisi Pertama Paling Mahal Ada di Timur Tengah
5 kota termahal dan termurah di dunia, posisi pertama paling mahal ada di Timur Tengah. Foto: Tel Aviv (Reuters)

LONDON, iNews.id - Survei yang dilakukan oleh Economist Intelligence Unit (EIU) menunjukkan, kota termahal di dunia untuk ditinggali berlokasi di kawasan Timur Tengah, bukan Eropa. Berdasarkan survei tersebut, Tel Aviv dinobatkan sebagai kota termahal di dunia.

Dikutip dari BBC, ibu kota Israel itu menjadi kota termahal untuk ditinggali karena inflasi di negara itu melonjak tinggi. Selain itu, masalah rantai pasokan mendorong harga-harga semakin mahal.  

Tel Aviv berada di urutan teratas untuk pertama kalinya dalam survei EIU, naik dari posisinya di tempat kelima pada tahun lalu. Sementara Paris turun ke peringkat kedua bersama dengan Singapura. 

Sedangkan kota termurah untuk ditinggali adalah Damaskus di Suriah yang dilanda perang. Damaskus mempertahankan posisinya sejak tahun lalu.

Adapun survei tersebut membandingkan biaya dalam mata uang dolar AS untuk barang dan jasa di 173 kota. EIU menyatakan, data yang dikumpulkan pada Agustus hingga September menunjukkan rata-rata harga telah naik 3,5 persen dalam mata uang lokal, tingkat inflasi tercepat yang tercatat selama lima tahun terakhir.

Biaya transportasi juga mengalami kenaikan terbesar akibat naiknya bahan bakar minyak (BBM). Adapun harga 1 liter bensin naik rata-rata 21 persen di kota-kota yang disurvei.

Naiknya Tel Aviv ke puncak daftar EIU terutama mencerminkan melonjaknya nilai mata uang Israel, shekel terhadap dolar AS. Di samping itu, harga barang lokal lokal, terutama harga pangan naik signifikan sekitar 10 persen.

Survei menunjukkan Tel Aviv adalah kota termahal kedua untuk harga alkohol dan biaya transportasi, kelima untuk barang-barang perawatan pribadi, dan keenam untuk rekreasi.

Wali Kota Tel Aviv Ron Huldai mengatakan, kenaikan harga properti, menunjukkan kota itu sedang menuju "ledakan".

"Tel Aviv akan menjadi semakin mahal, sama seperti seluruh negeri menjadi lebih mahal," ujarnya.

Dia menjelaskan, masalah mendasar yang membuat Tel Aviv menjadi kota termahal karena di Israel tidak ada alternatif pusat metropolitan. Contoh di Amerika Serikat, ada New York, Chicago, Miami, dan lainnya. Di Inggris, ada London, Manchester, dan Liverpool. 

"Di sana Anda dapat pindah ke kota lain jika biaya hidup terlalu berat," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda