5 Orang Terkaya China: Peringkat 1 Berharta Rp1.026 Triliun

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 19 Maret 2022 - 20:13:00 WIB
5 Orang Terkaya China: Peringkat 1 Berharta Rp1.026 Triliun
Zhong Shanshan, salah satu orang terkaya China. (Foto: Okezone)

BEIJING, iNews.id - CEO Nonfu Spring, Zhong Shanshan menjadi orang terkaya China dan ke-15 di dunia. Itu berdasarkan Hurun Global Rich List 2022. 

Mengutip Global Times, Zhong masih menjadi orang terkaya di China meski kekayaannya telah menurun hampir 100 miliar yuan. Kekayaan raja air kemasan tersebut tercatat sebesar 455 miliar yuan atau Rp1.026 triliun. 

Sementara di posisi kedua pendiri BytdeDance Zhang Yiming. Dia naik ke posisi kedua dari peringkat kelima tahun lalu, dengan kekayaan 340 miliar yuan atau Rp766,72 triliun. 

Adapun kekayaan pendiri CATL Zeng Yuqun sebesar 335 miliar yuan atau Rp755,5 triliun. Kekayaannya yang tumbuh lebih dari 100 miliar yuan menjadikannya sebagai konglomerat terkaya ketiga di China. 

Pony Ma Huateng, pendiri dan CEO Tencent, yang berada di peringkat kedua tahun lalu, mengalami penurunan kekayaan menjadi 330 miliar yuan atau Rp744,17 triliun. Dia berada di urutan keempat orang terkaya China tahun ini. 

Sedangkan pendiri Alibaba Jack Ma Yun berada di peringkat kelima dengan kekayaannya mencapai 235 miliar yuan atau Rp529,94 triliun. Daftar tahun ini menandai pertama kalinya dua pengusaha komersial papan atas jatuh dari posisi tiga besar di China sejak 2015.

Sementara itu, beberapa konglomerat China mengalami kontraksi dalam aset mereka. Platform e-commerce, real estat, pendidikan, obat generik, dan vaping adalah sektor yang mengalami penguapan nilai pasar terbesar.

Para ahli mengatakan, negara tersebut telah memperketat peraturan pada sektor-sektor ini untuk memastikan perkembangan yang sehat dan stabil dan melindungi hak-hak konsumen.

Laporan itu juga menunjukkan Shenzhen, pusat teknologi China telah menjadi kota tempat tinggal terbesar ketiga di dunia bagi miliarder, diikuti oleh Beijing dan Shanghai.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda