5 Penemuan Harta Karun Paling Bersejarah Secara Tak Disengaja, Nomor 1 Bikin Merinding

Ikhsan Permana SP ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 07:50:00 WIB
 5 Penemuan Harta Karun Paling Bersejarah Secara Tak Disengaja, Nomor 1 Bikin Merinding
Tera Cotta Army adalah patung tanah liat yang terdiri dari 7.000 patung prajurit, 600 kuda, dan 100 kereta, merupakan bagian dari makam Shi Huangdi, penguasa pertama Kekaisaran Tiongkok yang juga merupakan pendiri Dinasti Qin. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Ada 5 penemuan harta karun paling bersejarah secara tak disengaja yang menarik untuk disimak. Pasalnya, harta karun itu bukan ditemukan oleh arkeolog, melainkan orang biasa bahkan hewan peliharaan. 

Keberadaan harta karun menjadi salah satu misteri dunia yang kerap menimbulkan rasa penasaran. Tak sedikit arkeolog bahkan pemburu harta karun yang melakukan penelitian dan pencarian karena meyakini harta karun bersejaran bukan sekadar dongeng.

Harta karun adalah kekayaan yang selalu digambarkan berbentuk tumpukan koin emas, perhiasan, dan benda-benda berharga dari masa lampau. Namun ada juga harta karun yang mengandung nilai sejarah tinggi untuk sebuah bangsa maupun peradaban.

Seorang arkeolog biasanya membutuhkan waktu hingga puluhan tahun untuk menemukan sebuah harta karun, namun ternyata ada juga orang-orang di dunia ini yang sangat beruntung, mereka dengan tidak sengaja menemukan sebuah peninggalan yang bernilai sejarah tinggi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 penemuan harta karun bersejarah secara tak disengaja:

1. Terra Cotta Army (China)
Pada tahun 1974, ada sekelompok petani Cina yang kebetulan menemukan salah satu harta karun terbesar dalam sejarah China, yaitu makam kaisar pertama Dinasti Qin. 

Tujuh orang petani sedang menggali sumur di dekat kota Xian ketika salah satu sekop milik petani bernama Yang Zhifa mengenai kepala patung yang terkubur.

Mereka awalnya mengira telah menemukan patung perunggu atau patung Buddha kuno, tetapi ketika para arkeolog melakukan penggalian lebih lanjut, yang mereka temukan itu adalah salah satu dari sekitar 7.000 tentara Terra Cotta seukuran manusia.

Dilansir World History, Terakota Army adalah patung tanah liat yang terdiri dari 7.000 patung prajurit, 600 kuda, dan 100 kereta. 

Patung-patung ini merupakan bagian dari makam Shi Huangdi, penguasa pertama Kekaisaran Tiongkok yang juga merupakan pendiri Dinasti Qin. Memerintah tahun 221 SM hingga 210 SM, ia dikenal sebagai kaisar lalim yang terobsesi pada keabadian.

2. Gua Lascaux (Prancis)
Penemuan gua ini bisa dibilang unik. Berawal pada bulan September 1940, ketika Marcel Ravidat dan ketiga temannya menjelajahi hutan dekat Montignac. 

Tanpa disengaja, anjing milik Marcel jatuh ke dalam lubang besar yang merupakan atap dari sebuah gua. Bertekad untuk menyelamatkan anjingnya, ia bersama teman-temannya pun nekat menuruni lubang tersebut dan tak disangka, mereka menemukan sebuah gua kuno yang sekarang dinamakan Gua Lascaux.

Gua Lascaux adalah gua yang menyimpan banyak lukisan kuno didalamnya. Diduga lukisan tersebut sudah ada sejak 17.000 tahun yang lalu. Orang-orang pada masa itu memberi gambaran terhadap lukisan dari hewan yang dilihatnya selama melakukan perburuan.

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: