5 Provinsi Ini Bakal Jadi Produsen Beras Terbesar pada Triwulan I 2022

Advenia Elisabeth ยท Senin, 17 Januari 2022 - 13:56:00 WIB
5 Provinsi Ini Bakal Jadi Produsen Beras Terbesar pada Triwulan I 2022
Ilustrasi produksi beras. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan ada 5 provinsi yang bakal menjadi produsen beras terbesar pada triwulan I 2022. Kelima provinsi itu adalah, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

"Diperkirakan kelima provinsi ini menjadi produsen terbesar beras selama bulan Januari sampai Maret 2022," ujar Budi dalam Ratas dengan Komisi IV DPR RI disiarkan secara daring, Senin (171/2022).

Budi menjelaskan, kelima provinsi tersebut diproyeksikan mampu menjaga tingkat stock beras sebanyak 1 juta hingga 1,5 juta ton.

Di samping itu, berdasarkan pengolahan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan pengamatan Bulog di lapangan, produksi beras akan meningkat pada bulan Februari hingga Maret 2022. 

"Ini dengan asumsi bahwa surplus produksi adalah sasaran utama penyerapan bulog. Maka potensi beras yang dapat diserap pada masa Triwulan I/2022, sebanyak 4,14 juta ton beras," kata Budi.

Dia menjelaskan, jumlah tersebut ideal untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Demi menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan di Indonesua, Dirut Bulog ini mendorong pemerintah khususnya komisi IV DPR RI untuk mendukung terciptanya kebijakan pangan terintegrasi dari hulu sampai hilir. 

"Kami sangat membutuhkan dukungan terutama dalam mendorong terciptanya kebijakan pangan terintegrasi dari hulu sampai hilir demi wujudkan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan di negeri ini," tutur Budi.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: