5 Selebriti Hollywood Sukses Jadi Pengusaha, Bisnis Kosmetik hingga Media
NEW YORK, iNews.id - Sebagian selebriti menggunakan ketenaran dan kekayaan mereka sebagai platform bisnis. Beberapa selebriti tersebut ada yang berhasil, namun juga gagal menjalankan bisnisnya.
Kendati demikian, sejumlah selebriti wanita Hollywood ini membuktikan dirinya juga bisa sukses menjadi pengusaha. Dikutip dari GoBankingRates, berikut lima seleberiti tersebut:
1. Mary-Kate dan Ashley Olsen
Kekayaan bersih: 500 juta dolar AS atau Rp7,25 triliun
Aktris kembar ini meninggalkan dunia akting untuk fokus berbisnis. Mereka meluncurkan lini fashion high-end, The Row pada 2006.
Setahun kemudian, mereka mendirikan Elizabeth and James, yang terdiri atas pakaian dan wewangian. Mereka sempat menghentikan sementara produk tersebut pada 2018, namun kembali meluncurkannya pada April 2019 di toko Kohl.
2. Rihanna
Kekayaaan bersih: 550 juta dolar AS atau Rp8 triliun
Penyanyi populer ini meluncurkan produk kecantikan dengan merek Fenty Beauty, yang menghasilakn pendapatan sebesar 570 juta dolar AS pada 2018. Bisnisnya tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan grup barang mewah LVMH, yang juga digandeng untuk mengeluarkan lini fashion kelas atas. Dia juga punya lini pakaian dalam, Savage X Fenty.
3. Kylie Jenner
Kekayaan bersih: 700 juta dolar AS atau Rp10,14 triliun
Kylie membangun kerajaan bisnisnya di usai muda. Pada usia 21 tahun, Jenner menjadi miliarder termuda dengan usaha sendiri berkat lini kosmetiknya, Kylie Cosmetics yang sangat populer.
Diluncurkan pada 2016, perusahaannya berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar 420 juta dolar hanya dalam 18 bulan. Sementara Kylie Cosmetics mencatat penjualan 360 juta dolar AS pada 2018.
Pada Mei 2019, dia meluncurkan lini Kylie Skin. Pada November 2019, Kylie menjual saham mayoritas Kylie Cosmetics ke Coty senilai 1,2 miliar dolar AS.
Kekayaan bersih: 1 miliar dolar AS atau Rp14,5 triliun
Bintang reality show yang juga kakak tiri Kylie Jenner ini meluncurkan beberapa bisnis, dia antaranya game seluler, aplikasi yang menghadirkan koleksi emoticon yang dipersonalisasi, dan lini kecantikan. Dia meluncurkan KKW Beauty pada 2017, dan produk itu terjual habis dalam waktu kurang dari 3 jam.
Perusahaan yang sekarang menjadi kontributor besar kekayaannya itu menghasilkan lebih dari 100 juta dolar AS pada 2018. Pada 2019, dia meluncurkan lini shapewear, Skim. Beberapa model, warna, dan ukuran habis terjual tak lama setelah diluncurkan. Bahkan, ada puluhan ribu pesanan hanya dalam hitungan menit.
Kekayaan bersih: 2,7 miliar dolar AS atau Rp39,1 triliun
Setelah menjadi pembawa acara talk show di televisi selama 25 tahun, mantan news anchor ini akhirnya mendirikan perusahaan media dan saluran tv kabel, OWN pada 2011. Menurut Forbes, sahamnya di perusahaan tersebut sebanyak 25,5 persen bernilai labih dari 65 juta dolar AS.
Winfrey juga pemilik Weight Watcher dengan kepemilikan 8 persen saham dan berperan sebagai duta merek. Dia juga punya majalah, O, The Oprah Magazine dan O at Home.
Editor: Jujuk Ernawati