6 Tips untuk Mencapai Financial Freedom Meskipun Penghasilan Pas-pasan

Rina Anggraeni ยท Sabtu, 12 Maret 2022 - 17:00:00 WIB
6 Tips untuk Mencapai Financial Freedom Meskipun Penghasilan Pas-pasan
Ilustrasi mengatur keuangan untuk mencapai financial freedom. (Foto: dok iNews)


JAKARTA, iNews.id - Tips untuk mencapai financial freedom bisa dilakukan meskipun Anda memiliki penghasilan pas-pasan. Selain dianggap sebagai bentuk kemapanan, financial freedom juga dinilai sebagai bagian dari gaya hidup

Financial freedom adalah suatu keadaan dimana Anda bebas menggunakan uang untuk membeli atau melakukan apapun. Artinya, Anda dapat mengambil keputusan dengan bebas untuk menggunakan sumber keuangan Anda. 

Namun banyak orang yang salah mengartikan financial freedom sebagai suatu kondisi ketika bisa berbelanja atau menggunakan uang secara bebas, meskipun kemampuan financial belum memadai. 

Ada pula yang menganggap seseorang bisa mencapai financial freedom jika sudah memiliki penghasilan yang besar. Dengan kata lain, financial freedom hanya bisa dilakukan oleh kalangan kelas atas.  

Padahal, financial freedom juga bisa dialami seseorang yang berpenghasilan rendah yang tidak dibebani utang atau kewajiban apapun.  

Berikut beberapa tips mencapai financial freedom yang dirangkum iNews dari berbagai sumber : 

1. Ubah Cara Berpikir Konsumtif 

Untuk menuju kebebasan finansial, Anda harus memulainya dengan berkomitmen hidup sesuai kemampuan. Salah satu caranya adalah mengubah cara berpikir konsumtif menjadi produktif. Artinya, pengeluaran Anda berdasarkan kebutuhan bukan keinginan apalagi demi gengsi. 

Dengan berkomitmen hidup sesuai kemampuan, Anda dapat mengatur prioritas pengeluaran dan menyusun fondasi keuangan yang kuat, menuju financial freedom. 

Anda juga perlu mengubah cara berpikir dengan tidak berasumsi bahwa kekayaan atau penghasilan yang tinggi adalah cara untuk mencapai financial freedom. 

Pasalnya, seberapa pun besarnya kekayaan atau penghasilan, jika cara berpikir Anda tetap konsumtif, maka Anda tak akan pernah mencapai financial freedom. 

2. Kenali Pondasi keuangan Anda

Terlepas dari apakah Anda baru saja lulus kuliah atau bersiap untuk pensiun, penting mengenal ungtuk mengenal pondasi keuangan Anda. 

Caranya, Anda harus menghitung seluruh sumber pendapatan, mengidentifikasi pos pengeluaran (mulai dari primer hingga darurat), bahkan mengalokasikan dana untuk tabungan, perlindungan, dan investasi. 

Jika Anda bingung mengatur keuangan untuk mencapai financial freedom, Anda dapat mencari informasinya melalui berbagai aplikasi dan konten di media sosial. 

3. Gaya hidup lebih sederhana

Saat ini, semakin tinggi penghasilan maka semakin meningkat pula gaya hidup seseorang. Hal tersebut umumnya bukan disebabkan oleh kebutuhan yang semakin banyak, namun tingginya hasrat untuk membeli atau mencoba hal-hal yang diinginkan. 

Hal ini bisa membuat anda teralihkan dari hal-hal yang menjadi prioritas  dalam mengatur keuangan, bahkan bisa membawa Anda jatuh pada jeratan utang. 

Itu sebabnya, memiliki gaya hidup sederhana atau disesuaikan dengan kemampuan financiala sangat penting. Misalnya, jangan pernah berpikir untuk travelling ke tempat yang trending di media sosial, padahal Anda tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi biaya traveling tersebut.  

4. Memiliki Simpanan Tetap  

Cara berikutnya untuk mencapai financial freedom adalah memiliki simpanan tetap. Tabungan tersebut tidak boleh diambil untuk keperluan apapun selain kebutuhan darurat. 

Mulailah dengan berkomitmen menabung dengan besaran tertentu, misalnya 5-10 persen dari penghasilan, dan tabungan itu tidak akan Anda ganggu gugat selain untuk kebutuhan darurat. 

5. Menghindari utang

Untuk mencapai financial freedom salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah menghindari utang. Dengan demikian, jika Anda masih memiliki utang, segera lah lunasi.   

Dengan tidak memiliki utang, Anda bisa bebas mengatur keuangan, termasuk menggunakannya tanpa dibebani kewajiban membayar pokok dan bunga utang. 

Salah satu cara menghindari utang adalah dengan membayar tagihan atau cicilan tepat waktu. Misalnya, tagihan kartu kredit, kendaraan, rumah, listrik, pulsa, iuran, dan sebagainya.
 
6. Cari sumber pendapatan lain

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencapai financial freedom adalah carilah sumber pendapatan lain atau tambahan untuk menopang penghasilan utama Anda. 

Demikian beberapa tips mencapai financial freedom. Satu hal yang perlu diingat, financial freedom ini akan mudah dicapai jika Anda memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk mencapainya.  

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda