7 Bisnis UKM yang Laris Manis di Tengah Pandemi Covid-19

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:55 WIB
7 Bisnis UKM yang Laris Manis di Tengah Pandemi Covid-19

Berkebun. (Foto: ilustrasi/Okezone)

NEW YORK, iNews.id - Wabah virus corona menekan banyak bisnis mulai dari korporasi hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Banyak pelaku usaha yang mengeluh omzet mereka anjlok.

Namun ada pepatah bijak yang mengatakan ada peluang di balik setiap krisis. Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat tetap ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saat ada permintaan, di situlah peluang bisnis muncul.

Berikut 7 bisnis kecil hingga menengah yang bisa dijadikan inspirasi di tengah Covid-19, dikutip dari situs Kadin AS, Sabtu (23/5/2020):

1. Jasa Kebersihan

Merebaknya virus SARS Cov-2 memicu kekhawatiran akan kebersihan sehingga permintaan layanan kebersihan untuk kantor, restoran, atau rumah naik.

Perusahaan yang berbasis di Ohio, AS, Corporate Cleaning Inc menyebut, ada lonjakan permintaan membersihkan bangunan komersial dan fasilitas medis dari Covid-19. Sementara UniStar Cleaning Service yang berlokasi di Manchester, New Hampshire harus merekrut pekerja tambahan untuk memenuhi tingginya permintaan.

2. Jasa Antar Barang

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang 'terkurung' dalam rumah, sehingga banyak kebutuhan pengiriman barang. Di level nasional, perusahaan-perusahaan besar biasanya menguasai pasar jasa antar barang.

Namun, pasar untuk skala yang lebih kecil dan lokal cukup besar. Di Huntsville, Alabama, perusahaan lokal GrubSouth saat ini menikmati tingginya kebutuhan jasa kirim barang. Mereka bahkan merekrut 30 pengemudi baru.

3. Sembako

Kebijakan #DiRumahAja dan banyaknya restoran yang tutup membuat banyak keluarga saat ini yang memasak di rumah. Hal ini membuat permintaan bahan-bahan makanan naik.

Selain itu, permintaan akan produk kebutuhan sehari-hari juga ikut naik. Stew Leonards, jaringan supermarket kecil di AS mencatat permintaan tinggi untuk barang-barang seperti tisu toilet dan hand sanitizer.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua