7 Cara Hemat Tagihan AC di Musim Panas

Jeanny Aipassa ยท Senin, 29 November 2021 - 17:03:00 WIB
7 Cara Hemat Tagihan AC di Musim Panas
Ilustrasi Air Conditioner (AC). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Hidup di negara tropis dengan suhu yang cenderung panas, membuat masyarakat Indonesia kerap menggunakan air conditioner (AC) untuk menyejukkan udara. 

Penggunaan AC akan semakin meningkat di musim panas, sehingga tak jarang membuat tagihan listrik pun membengkak. 

Untuk mencegah hal tersebut, berikut 7 cara hemat tagihan AC di musim panas, seperti dirangkum iNews.id, Senin (29/11/2021) berikut ini: 

1. Atur Suhu AC di 24 Derajat Celcius

Cara hemat tagihan AC yang pertama adalah dengan mengatur suhu AC maksimal di 24 derajad celcius. 

Orang Indonesia cenderung memasang AC di suhu 16 derajat celcius, fan maksimum, dan mode powerful. Padahal pemakaian dengan tiga tipe tersebut bisa membuat tagihan AC membengkak. 

Agar tagihan AC berkurang pastikan pengaturan suhu AC maksimal di 24 derajat celcius. Sekali-kali bolehlah dipasang di suhu 20-22 derajad celcius, saat kondisi rumah sangat lagi panas sekali. 

Tapi jika suhu ruangan cukup sejuk, pengaturan suhu AC sebaiknya dikembalikan ke 24 derajat celcius, biar konsumsi listriknya tidak boros. 

Jika AC Anda bertipe standard maka kompressor akan mati untuk beristirahat, menjadi mode standby sehingga penggunaan listrik pun ikut turun. 

Namun jika AC Anda adalah tipe inverter maka kerja kompressor lebih rileks dan mengurangi beban kerjanya sehingga penggunaan listrik menjadi lebih rendah.

2. Pastikan Keadaan Ruangan Tertutup Saat Menyalakan AC

Cara hemat tagihan AC yang kedua adalah memastikan keadaan ruangan atau rumah dalam keadaan tertutup, sebelum menyalakan AC.

Hal ini sangat penting agar sirkulasi udara dari AC tidak terbuang ke luar ruangan. Dengan demikian, pastikan jendela dan pintu rumah atau ruangan kamar harus dalam keadaan tertutup, saat AC dinyalakan. Cara ini akan membuat kerja AC menjadi efisien dan efektif, sehingga penggunaan listrik pun lebih hemat. 


3.  Pasang filter di Jendela Kaca

Cara hemat tagihan AC yang ketiga adalah memasang filter di jendela kaca. Hal ini dapat menghalau panas matahari masuk ke ruangan, sehingga 
suhu lebih sejuk dan penggunaan AC dapat dihemar. 

Filter yang digunakan dapat berupa stiker kaca atau memasang kaca film yang dapat memblokir sinar matahari, sehingga suhu ruangan tidak panas.

4. Memasang Gorden

Cara hemat tagihan AC yang keempat hampir sama dengan pemasangan filter pada jendela kaca. Pasalnya, penggunaan gorden juga dapat menghalangi sinar matahari masuk ke rumah sehingga suhu tetap sejuk.  

Jika tidak ingin membuat seluruh ruangan tampak gelap, gunakan gorden hanya pada area rumah yang paling cerah. 

Anda juga dapat menyusun pot bunga di dekat jendela agar dapat melindungi ruangan dari paparan langsung sinar matahari, sehingga suhu ruangan tidak panas.

5. Ganti filter HVAC  

Cara hemat tagihan AC yang kelima adalah mengganti filter HVAC yang tersumbat dan kotor. Pasalnya, filter HVAC yang tersumbat atau kotor akan memaksa AC bekerja lebih keras, sehingga membuat tagihan listrik melonjak.  

Untuk itu, ubah filter HVAC setidaknya sekali setiap tiga bulan di musim panas, tetapi lakukan sebulan sekali jika Anda memiliki hewan peliharaan. Dengan begitu, udara akan dapat mengalir dengan bebas ke dalam rumah dan Anda akan menghabiskan lebih sedikit biaya untuk pendinginan. 

6. Rutin Service AC Minimal 3 Bulan Sekali

Cara hemat tagihan AC yang keenam adalah rutin melakukan service indoor dan outdoor AC minimal 3 bulan sekali. Apabila langkah ini tidak dilakukan maka debu dan kotoran yang menempel pada suku cadang AC akan membuat kinerja AC lebih berat sehingga kompressor menjadi lebih panas dan membutuhkan daya lebih tinggi untuk mendinginkan ruangan.

Service AC 3 bulan sekali merupakan patokan umum untuk penggunaan di rumah atau kosan. Namun untuk di tempat usaha, dengan lokasi outdoor yang juga saling berdekatan, maka debu dan kotoran akan menumpuk lebih cepat, sehingga service sebaiknya dilakukan rutin sebulan sekali.

7. Gunakan Termostat cerdas 

Cara hemat tagihan AC yang ketujuh adalah menggunakan termostat cerdas. Di era teknologi digital saat ini, penggunaan termostat cerdas dapat menghasilkan penghematan besar pada tagihan listrik atau AC di rumah.

Anda dapat memprogram termostat sehingga AC hanya bekerja selama jam-jam saat Anda di rumah, bangun, dan aktif. Termostat cerdas secara bertahap akan mempelajari pola Anda dan menyesuaikan suhu rumah, serta Anda dapat mengontrolnya dari jauh melalui ponsel cerdas.  Dengan demikian, AC hanya digunakan sesuai kebutuhan sehingga tidak akan membuat tagihan listrik membengkak.  

Demikian 7 cara hemat tagihan AC di musim panas, yang dapat Anda terapkan agar penggunaan AC lebih efisien dan tidak boros listrik. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: