7 Peluang Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula, Ada Franchise hingga Sektor Kreatif

Rilo Pambudi ยท Jumat, 23 September 2022 - 10:55:00 WIB
7 Peluang Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula, Ada Franchise hingga Sektor Kreatif
Ada banyak peluang usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Peluang usaha ini dapat menjadi pilihan para pemula mendapatkan penghasilan utama atau tambTempat Laundry Terdekat di Rajabasa Bandar Lampung, Laundry Express Reguler 88 (Dokumen Google/Gotam)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak peluang usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Peluang usaha ini dapat menjadi pilihan para pemula mendapatkan penghasilan utama atau tambahan.

Untuk memulai usaha rumahan tidak harus membutuhkan modal yang besar. Ada beragam usaha rumahan yang terbilang praktis dan bisa dilakukan oleh kalangan manapun.

Hal terpenting dalam usaha adalah berani memulai dan kesungguhan dan menjalankannya. Untuk pemula, fokus pada satu peluang bisnis sangat disarankan agar bisa mengembangkan usaha tersebut dengan lebih terarah.

Berikut ini 7 peluang usaha yang cocok untuk pemula dan minim modal.

1. Usaha Cemilan atau Produk Makanan Olahan

Peluang bisnis yang terbilang mudah untuk pemula adalah melirik peluang usaha cemilan atau produk olahan. Usaha ini juga dapat disesuaikan dengan potensi atau sumber daya yang ada di sekitar.

Jika berada di lingkungan desa, cemilan makanan olahan dari hasil-hasil pertanian atau kebun dapat dijadikan peluang usaha. Misalnya saja olahan manisan, asinan atau keripik buah-buahan.

Untuk di kawasan pesisir, produk makanan olahan hasil laut juga sangat melimpah. Misalnya, kerupuk atau keripik ikan dan udang, olahan ikan asap hingga presto, abon ikan, dan masih banyak lagi.

Namun, usaha rumahan tersebut juga sangat memungkinkan untuk dijalankan di perkotaan. Usaha tersebut akan lebih potensial jika dibawakan secara kekinian baik secara varian maupun kemasan. Terlebih jika dibarengi dengan promosi yang baik memanfaatkan teknologi.

2. Usaha Franchise Makanan dan Minuman 

Tidak hanya makanan, usaha franchise minuman saat ini juga semakin diminati. Selain mudah dijalankan oleh pemula, peluang usaha ini menjangkau banyak kalangan, terutama anak-anak. 

Terlebih, saat ini ada berbagai macam franchise makanan dan minuman yang bisa dipilih berdasarkan minat maupun pasar di daerah Anda. Beberapa contoh bisnis minuman, seperti aneka teh dan kopi. Usaha franchise cocok dijalankan untuk pemula lantaran tidak perlu repot-repot memikirkan merk dagang, produk, atau sistem operasional.

3. Dropshipper 

Dropshipper bisa menjadi salah satu pilihan usaha rumahan bagi pemula. Pasalnya, usaha ini dapat dijalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal.

Pasalnya, kita tidak perlu repot-repot memiliki persediaan barang untuk menjalankan usaha ini. Seseorang hanya perlu menentukan jenis dan produk barang yang ingin dijual. Hal yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan teknologi dan jaringan untuk memasarkan produk kepada calon konsumen agar mereka tertarik untuk membeli.

4. Reseller

Selain dropshipper, reseller dapat menjadi peluang usaha rumahan yang bisa dijalankan untuk pemula. Sedikit berbeda dengan dropship, reseller biasanya perlu menyimpan persediaan barang sebelum dijual kembali.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi reseller bisa disesuaikan dengan produk yang berpotensi laris dan dibutuhkan konsumen. Kejelian dalam menentukan produk yang diminati banyak orang, serta kegigihan dalam memasarkannya menjadi poin penting dalam melakoni usaha ini.

5. Jasa Laundry

Jasa laundry bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Jasa ini selalu dibutuhkan oleh banyak orang terutama di kawasan perkotaan atau yang banyak pekerja kantoran.

Jasa laundry menjadi pilihan bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Oleh karena itu, usaha ini sangat potensial dijalankan di perumahan atau pemukiman.

6. Warung Kelontong

Usaha rumahan yang satu ini seolah tidak akan ada matinya dan sangat mudah dijalankan sekalipun bagi pemula. Meski hanya memenuhi sektor kecil atau meliputi lingkup lingkungan sekitar, usaha warung kelontong dapat menjadi peluang yang menjanjikan. Apalagi jika di satu kawasan belum banyak pesaingnya. Usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda