8 Kota dengan Biaya Konstruksi Termahal di Dunia, No 1 dan 2 di Asia

Aditya Pratama ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 06:37:00 WIB
8 Kota dengan Biaya Konstruksi Termahal di Dunia, No 1 dan 2 di Asia
Beberapa kota di dunia memiliki biaya konstruksi termahal di dunia, siapa saja?

NEW YORK, iNews.id - Pandemi Covid-19 dan lockdown total telah menaikkan biaya konstruksi di seluruh dunia. Berdasarkan laporan terbaru, hal itu dipicu meningkatnya permintaan dan pasokan yang terbatas. 

Perusahaan konsultan real estate Turner & Townsend merilis laporan sejumlah kota dengan biaya konstruksi termahal seiring meningkatnya permintaan dan ketatnya pasokan, sehingga mendorong naiknya biaya di seluruh dunia. 

Mengutip Forbes, Survei Pasar Konstruksi Internasional Turner & Townsend untuk 2021 yang mencatat industri konstruksi global di 90 pasar pada 45 negara, menobatkan ibu kota Jepang, Tokyo sebagai kota termahal di dunia untuk biaya konstruksi. 
 
Ini adalah pertama kalinya Tokyo menduduki peringkat teratas dalam daftar ini. Tingginya biaya konstruksi di sana didorong pertumbuhan yang kuat dan jaringan proyek real estate dan infrastruktur yang ekstensif, sehingga mendorong permintaan.

Sementara meningkatnya biaya proyek bangunan di Tokyo telah tercermin dari label harga Olimpiade yang awalnya diperkirakan sebesar 7,3 miliar dolar AS ketika kota tersebut memenangkan hak menjadi tuan rumah untuk acara tersebut pada 2013. Angka itu kemudian direvisi naik menjadi 12,6 miliar dolar AS oleh panitia lelang pada Desember 2019, tepat sebelum acara ditunda karena Covid-19. 

Adapun surat kabar Nikkei dan Asahi memperkirakan biaya akhir sekitar 28 miliar dolar AS. Selain Olimpiade dan konstruksi di Jepang, negara ini tetap menjadi ekonomi terbesar ketiga di dunia dengan populasi 126 juta jiwa.

Turner & Townsend mencatat, investor global termasuk raksasa teknologi AS sangat tertarik dengan real estat di Jepang karena menawarkan potensi pertumbuhan e-commerce yang signifikan. Jaringan listrik yang stabil dan kedekatan dengan hub Asia menjadi faktor pendukung lainnya. 

Berikut ini, 8 kota dengan biaya konstruksi terbesar di dunia:

1. Tokyo 

Penelitian menemukan biaya konstruksi per meter persegi di Tokyo rata-rata 4.002 dolar AS atau Rp57,8 juta. 

2. Hong Kong

Biaya konstruksi biaya konstruksi di Hong Kong rata-rata 3.894 dolar AS atau Rp56,25 juta per meter persegi.

3. San Francisco 

Biaya konstruksi per meter persegi di San Fransisco rata-rata 3.720 dolar AS atau Rp53,74 juta per meter persegi.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2