AirAsia Indonesia Perpanjang Penghentian Penerbangan

Aditya Pratama ยท Selasa, 21 April 2020 - 22:20:00 WIB
AirAsia Indonesia Perpanjang Penghentian Penerbangan
AirAsia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Maskapai AirAsia memperpanjang masa penghentian penerbangan di Indonesia hingga 7 Mei 2020. Sebelumnya, penghentian sementara awalnya berakhir hari ini, 21 April 2020.

Corporate Secretary AirAsia Indonesia, Indah Permatasari Saugi mengatakan, keputusan untuk memperpanjang masa penghentian operasional setelah mempertimbangkan situasi Covid-19 dan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah di Indonesia.

"Perusahaan akan terus memantau perkembangan situasi untuk sewaktu-waktu dapat kembali mengoperasikan penerbangan terbatas jika dinilai memungkinkan," kata Indah, Selasa (21/4/2020).

Selain penerbangan domestik, penghentian sementara untuk penerbangan internasional juga diperpanjang sehari dari 17 Mei menjadi 18 Mei 2020.

Indah mengatakan, keputusan ini berdampak signifikan terhadap kondisi keuangan AirAsia. Untuk mengurangi dampak negatif itu, maskapai berupaya menggenjot pendapatan dari penerbangan tidak berjadwal (charter) baik penumpang maupun kargo.

"Perseroan akan terus mengembangkan layanan tidak berjadwal tersebut sebagai upaya diversifikasi lini layanan bisnis atas penghentian layanan penerbangan berjadwal akibat pandemi Covid-19," katanya.

Selain itu, AirAsia juga masih melayani penjualan tiket pesawat untuk layanan penerbangan berjadwal setelah April 2020. Hal ini sebagai antisipasi persiapan dimulainya kembali layanan penerbangan jika situasi memungkinkan.

Presiden AirAsia Group, Bo Lingam sebelumnya mengatakan, AirAsia akan kembali mengoperasikan penerbangan domestik secara bertahap.

Di Malaysia, AirAsia akan beroperasi mulai 29 April, Thailand dan Filipina 1 Mei, India 4 Mei, dan Indonesia 7 Mei. Kepastian kembali terbang masih menunggu izin dari regulator masing-masing negara.

Editor : Rahmat Fiansyah