Akuisisi Versace, Michael Kors Gelontorkan Uang Rp32 Triliun

Koran SINDO · Kamis, 27 September 2018 - 11:52:00 WIB
Akuisisi Versace, Michael Kors Gelontorkan Uang Rp32 Triliun
Logo Versace. (Foto: Istimewa)

NEW YORK, iNews.id - Perusahaan mode multinasional Michael Kors Holdings Limited (MK) kian mendominasi pasar Eropa. Perusahaan yang berdiri sejak 37 tahun itu sukses mengakuisisi rumah mode busana mewah Gianni Versace S.p.A senilai 1,83 miliar euro (Rp32 triliun, kurs Rp17.506 per euro), termasuk utang.

MK berambisi memperlebar pangsa pasar di Eropa. Selain itu, MK berharap dapat memiliki lebih banyak produk berkelas yang bisa ditawarkan. Setahun sebelumnya, perusahaan dengan revenue 4,71 miliar dolar AS pada 2016 itu telah mengakuisisi perusahaan sepatu asal Inggris, Jimmy Choo, senilai 1,2 miliar dolar AS. Keputusan pembelian Versace dilakukan ketika merek dan harga jual MK sedang turun.

Akuisisi perusahaan asal Italia itu diharapkan dapat memulihkan kekuatan bisnis. Begitu pun sebaliknya, Versace berharap dapat kembali meraup keuntungan seperti tahun lalu. Pada 2014, revenue MK mencapai 3,2 miliar dolar AS. Akuisisi Versace juga memperpanjang pengambilalihan bisnis merek mewah oleh perusahaan asing.

Perusahaan yang berkantor pusat di Milan dan dikenal atas logo Medusa itu merupakan perusahaan yang menjanjikan mengingat industri barang mewah sedang mendapat banyak penawaran dari warga China. “Dengan pengakuisisian ini, kami menciptakan salah satu kelompok busana mewah dan terdepan di dunia,” ujar Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) MK, John Idol, di kutip Reuters.

MK menyepakati pembelian Versace dalam bentuk tunai, utang, dan saham di MK yang akan berubah nama menjadi Capri Holdings. Idol membantah akan kembali melakukan akuisisi. Dia ingin fokus mengembangkan MK, Versace, dan Jimmy Choo agar bisa menjadi merek yang dapat berkompetisi di tingkat global. Perundingan terkait akuisisi Versace dimulai saat Blackstone berniat keluar dari grup. Saat itu banyak investor yang membidik Versace. Berdasarkan kalkulasi Reuters, Blackstone yang membeli 20 persen saham Versace senilai 210 juta euro pada 2014 silam akan memperoleh modal sebesar 156 juta euro ketika hengkang nanti. Sementara itu, keluarga Versace yang memiliki 80 persen saham perusahaan akan menerima 150 juta euro dari harga pembelian dalam saham MK.

“Kami yakin menjadi bagian dari grup ini merupakan langkah yang esensial untuk keberhasilan Versace dalam jangka panjang. Saya tidak pernah sesemangat ini sebelumnya,” kata Direktur Artistik dan Wakil Presiden Versace Donatella Versace, yang juga adik pendiri Versace Gianni Versace yang meninggal pada 1997. Meski diakuisisi MK, jajaran dewan direksi Versace tidak akan berubah. CEO Versace Jonathan Akeroyd akan tetap menjadi pemimpin perusahaan. “Donatella juga akan tetap memimpin visi kreatif,” kata Idol.

Kesepakatan ini diperkirakan ditutup pada kuartal keempat. Penasihatnya meliputi JP Morgan dan Barclays. Konglomerat sekelas MK dinilai sedang mencoba membuka peluang bisnis lebih besar di pasar global yang kini dikuasai perusahaan milik Louis Vuitton, LVMH, dan Kering.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2