Antisipasi Kecelakaan di Tol Cipali, KNKT Sediakan Permandian Air Panas di Rest Area

Advenia Elisabeth ยท Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:49:00 WIB
 Antisipasi Kecelakaan di Tol Cipali, KNKT Sediakan Permandian Air Panas di Rest Area
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Suryanto Cahyono. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyediakan fasilitas permandian airl panas di rest area untuk digunakan pengemudi kendaraan saat melintasi Tol Cipali. Hal itu, dimaksudkan untuk mengantisiasi sekaligus mengurangi angka kecelakaan di jalan tol tersebut. 

Menurut Ketua KNKT, Suryanto Cahyono, maraknya kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali menjadikan tol ini dikenal dengan sebutan tol horor. Tak jarang tol yang memiliki panjang 116km ini memakan banyak korban jiwa.

Seperti salah satu contoh kejadian kecelakaan yang terjadi pada Senin (11/10) kemarin. Sebuah mobil Isuzu elf terguling di kilometer 107.800 Tol Cipali, tepatnya di Kampung Salahaur, Desa Jabong, Kecamatan Pegaden, Kabupaten Subang. 

Supir yang berinisial S (25) diduga mengantuk saat mengemudi mobil. Hal ini mengakibatkan mobil yang dikendarai tersebut oleng dan akhirnya terguling. Akibat dari kejadian ini, empat orang meninggal dan satu orang mengalami luka ringan. 

Dari contoh kecelakaan tersebut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyiasati dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan menyediakan permandian air panas dan membuat rest area yang menarik bagi pengguna jalan Tol Cipali.

"Di rest area Tol Cipali ada permandian air panas. Fasilitas ini, dapat dimanfaatkan para pengemudi untuk mandi air panas setelah itu disediakan juga balai-balai untuk tempat istirahat. Setelah itu mereka dapat melanjutkan jalan kembali," ujar Ketua KNKT, Suryanto Cahyono, dalam acara media rilis, Selasa (12/10/2021).

Dia menjelaskan, untuk meminimalisir kecelakaan, rest area juga didesain semenarik mungkin, sehingga pengguna jalan tol tertarik untuk berhenti sebentar, baik untuk menggunakan toilet, melepas kelelahan, atau bahkan beristirahat di balai-balai untuk mengurangi kantuk. 

"Kami berharap, dengan berbagai fasilitas di rest area ini, kecelakaan lalu lintas di Tol Cipali dapat diminimalisir hingga 50 persen," kata Suryanto Cahyono. 

Dia membeberkan, model rest area yang diterapkan di Tol Cipali akan digunakan di Tol lainnya. Seperti belum lama ini, di Tol Sumatera juga dihimbau untuk membuat rest area serta permandian air panas bagi pengguna jalan. 

"Kita juga memberikan beberapa rekomendari pada pihak-pihak terkait agar model semacam ini bisa diterapkan di seluruh jalan tol di Indonesia yang memiliki hazard-hazard khususnya masalah pengumudi yang kantuk," ungkap Suryanto Cahyono.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: