Antisipasi Kontak Fisik, KA Bandara Pasang Pembatas di Tempat Duduk

Aditya Pratama ยท Senin, 29 Juni 2020 - 13:56 WIB
Antisipasi Kontak Fisik, KA Bandara Pasang Pembatas di Tempat Duduk

PT Railink terus melakukan persiapan jelang pengoperasian kembali Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Railink terus melakukan persiapan jelang pengoperasian kembali Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Salah satunya dengan memasang partisi akrilik di antara tempat duduk.

Plt Direktur Utama PT Railink Mukti Jauhari mengatakan, pemasangan partisi akrilik merupakan langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di KA Bandara. Pemasangan akrilik dilakukan untuk dua kursi berjejer.

“Kami sangat peduli terhadap keselamatan penumpang kami memasang semacam partisi akrilik di setiap kursi yang berjejer dua itu di sela-selanya kami pasang akrilik sehingga bisa mengurangi kontak fisik antarpenumpang," ujar Mukti di Stasiun BNI City, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Mukti menambahkan, Railink akan mengikuti protokol yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan, di mana akan membatasi kapasitas penumpang sebanyak 70 persen. Selain itu, pada pengoperasian kembali pada 1 Juli nanti, Railink akan mengoperasikan sebanyak 50 perjalanan KA Bandara, di mana pada keberangkatan pagi dan sore hari kereta hanya akan beroperasi sampai Stasiun Batuceper.

"Kami nanti akan menjalankan sebanyak 50 perjalanan KA dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Bandara Soetta, namun ada beberapa yang akan destinasinya sampai di Batuceper pagi dan sore hari," kata dia.

Sebelum mengoperasian kembali, Railink hari ini juga melaksanakan Rapid Test kepada karyawannya baik pegawai maupun frontliner yang bertugas di DKI Jakarta.

"Persiapan kami salah satunya kami sedang melakukan hari ini tanggal 29 Juni kita melakukan rapid test untuk seluruh pegawai dan front liner PT Railink Jakarta, karena untuk 1 Juli nanti kita akan merencanakan operasi kembali yang sudah berhenti sejak 12 Mei," ucapnya.

"Selain itu kita juga melakukan persiapan di infrastruktur layanan kita sudah lengkapi semua sesuai dengan protokol penanganan Covid, ada wastafel, hand sanitizer dan petugas kami yang siap selalu melakukan uji suhu calon penumpang yang akan masuk ke stasiun," ujar dia.

Editor : Ranto Rajagukguk