Antrean Parah di Pelabuhan Merak Jadi Viral, Kemenhub: Ini Biang Keroknya

Athika Rahma ยท Kamis, 28 April 2022 - 16:59:00 WIB
Antrean Parah di Pelabuhan Merak Jadi Viral, Kemenhub: Ini Biang Keroknya
Antrean kenadaraan di Pelabuhan Merak menjelang libur lebaran. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (kemenhub) mengungkap biang kerok antrean parah di Pelabuhan Merak, Banten, yang menjadi viral di media sosial. Para pemudik terjebak kemacetan cukup lama untuk menumpang kapal ferry untuk penyeberangan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menjelaskan penyebab utama antrean parah di Pelabuhan Merah disebabkan banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa pemesanan tiket kapal feri hanya bisa melalui aplikasi Ferizy.

"Mungkin mereka baru melakukan lagi penyebrangan, mereka kira ada go show, tapi kan sekarang beli tiketnya online. Di depan pelabuhan juga ada agen yang membantu untuk Ferizy dan ini jadi banyak yang parkir," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/4/2022).

Kemudian penyebab lainnya ialah waktu kedatangan penumpang yang lebih awal. Budi mengatakan, hal ini menyebabkan lahan parkir yang seharusnya bisa terisi oleh penumpang yang akan berangkat menjadi penuh.

"Di tiket tertulis berangkat jam 10 malam, tapi datangnya jam 2 siang. Artinya kendaraannya memenuhi lahan parkir karena mereka menunggu berjam-jam sampai diangkut ke kapal. Ini diakumulasi volumenya juga besar," kata Budi.

Kemudian penyebab lainnya ialah volume lalu lintas di Pelabuhan Merak dan sekitarnya yang memang sudah padat. Hal ini membuat kemacetan semakin parah.

Untuk memitigasi hal tersebut, Kemenhub terlah menambah 2 dermaga yang bisa disandarkan kapal-kapal agar pengangkutan penumpang bisa dilakukan dengan cepat.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan 2 kapal ro-ro dan 1 kapal laut untuk mengangkut penumpang dan logistik. Kemudian, alur bongkar muat juga diubah agar penyerapan kendaraan lebih cepat.

"Tadi malam saya ke sana, sore hari memang terurai, nggak ada antrian, namun mendekati jam 12 malam pergerakan masyarakat cukup tinggi, tadi pagi ada antrian dan sekarang juga sedang ditangani tapi nggak sampai tol, hanya di gerbang pintu Merak," tutur Budi.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda