Apresiasi Tax Amnesty Jilid II, Apindo Berharap Bisa Bantu Program Strategis Pemerintah

Ikhsan Permana SP ยท Senin, 04 Juli 2022 - 14:32:00 WIB
Apresiasi Tax Amnesty Jilid II, Apindo Berharap Bisa Bantu Program Strategis Pemerintah
Apindo mengapresiasi hasil Tax Amnesti Jilid II dan berharap bisa membantu program prioritas pemerintah. (Foto: MPI/Ikhsan Permana SP)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), mengapresiasi pencapaian Program Pengungkapan Sukarela (PPS) atau Tax Amnesty Jilid II yang berakhir pada 30 Juni 2022. 

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, hingga batas akhir pelaksanaan Tax Amnesty Jilid II, jumlah harta yang diungkap wajib pajak terhitung sebanyak Rp 594,82 triliun, serta pembayaran kewajiban dari harta yang diungkap tersebut dalam bentuk PPh mencapai Rp 61,01 triliun.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi B. Sukamdani, menyampaikan terima kasih kepada para pengusaha yang secara aktif berpartisiasi mendukung program PPS kali ini. 

Ia berharap, hasil dari partisipasi masyarakat khususnya pengusaha dalan Tax Amnesty Jilid II dapat mendukung berbagai program strategis pemerintah yang berdampak pada sektor-sektor esensial khususnya pada masa-masa pemulihan ekonomi saat ini. 

Dengan demikian, pemerintah dapat melahirkan kebijakan yang mendukung produktivitas ekonomi selain itu ia berharap akan tercipta sinergi yang lebih kolaboratif antara pemerintah dan pengusaha di masa depan

“Apindo menyampaikan selamat kepada Pemerintah, khususnya kepada Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang bersama seluruh tim di Kementerian yang telah bekerja keras menyelesaikan program PPS dengan hasil yang menggembirakan,” kata Hariyadi, dalam konferensi pers di Kantor Apindo, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Hariyadi menambahkan, Apindo adalah pendukung utama program tax amnesty jilid II yang diwujudkan melalui rangkaian sesi sosialisasi yang dilaksanakan simultan sejak tahun 2021. Apindo juga secara aktif mengimbau mitra Asosiasi Sektoral, dan seluruh anggota untuk berpartisipasi dalam PPS.

“Terima kasih kepada seluruh anggota Apindo yang telah aktif memberikan sosialisasi PPS ke berbagai daerah, dan forum-forum bisnis nasional sehingga program PPS berhasil diselesaikan dengan baik,” ujar Hariyadi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Apindo, Shinta W. Kamdani juga mengimbau setelah tax amnesty Jilid II selesai, para pengusaha yang mengikuti program ini diharapkan dapat menjadi role model dalam kepatuhan terhadap regulasi khususnya perpajakan.

“Para pelaku usaha memiliki andil dalam mewujudkan upaya perbaikan defisit anggaran dan peningkatan rasio pajak dengan berpartisipasi dalam PPS sebagai bentuk kebijakan fiskal pemerintah. Apalagi PPS merupakan salah satu mandat dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang patut didukung para pengusaha,” ujar Shinta.

Dia mengungkapkan, Apindo akan senantiasa memberikan masukan atas kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dunia usaha, dan menciptakan iklim investasi yang baik di masa mendatang. 

Wakil Ketua Umum Apindo, Suryadi Sasmita, yang turut hadir dalam lonferensi pers menjelaskan bahwa selama proses PPS ini berlangsung dukungan pemerintah melalui pelayanan di kantor-kantor pajak di seluruh Indonesia dirasakan sekali sangat membantu para pengusaha yang ikut ambil bagian dalam program PPS. Hal ini menunjukan bahwa transformasi layanan perpajakan telah berlangsung baik, dan tidak lagi perlu ditakuti namun hanya perlu dipatuhi secara konsisten.

“Saya bersama banyak rekan pengusaha yang berpartisipasi pada program PPS yang didasari Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 196/PMK.031/2021 merasa sangat merasa terbantu dan diringankan oleh program ini. Kesempatan pengungapan sukarela adalah solusi berkelanjutan dari pemerintah dalam mendukung pengusaha agar dapat menjadi warga negara yang baik," ujar Suryadi.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda