Australia Siap Bantu Indonesia Atasi Wabah PMK

Ikhsan Permana SP ยท Jumat, 15 Juli 2022 - 06:50:00 WIB
Australia Siap Bantu Indonesia Atasi Wabah PMK
Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Australia, Murray Watt (tengah). (Foto: MPI/Ikhsan Permana SP)

JAKARTA, iNews.id - Australia siap membantu Indonesia mengatasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang telah menyebar di 21 provinsi. 

Menurut Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Australia, Murray Watt, wabah PMK telah menjadi permasalahan di sektor pertanian bagi Indonesia saat ini.

Hal itu, menjadi konsen Australia untuk membantu Indonesia menyelesaikan tantangan tersebut, mengingat penyebaran PMK semakin meluas.   

"Tantangan ini sangat signifikan dan jelas tujuan kami berada di sini untuk membantu Indonesia mengelola wabah ini," kata Murray Watt, di Indoguna Meat Shop, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Dia menjelaskan, sebagai negara tetangga, Australia siap membantu Indonesia menghadapi berbagai tantangan di sektor pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan

Hal itu, disebabkan Indonesia adalah pasar terbesar Australia untuk ekspor ternak hidup. Selain itu, Indonesia juga merupakan Konsumen utama berbagai produk pertanian Australia.

Terkait dengan itu, lanjutnya, Australia siap berperan aktif membantu Indonesia mengatasi berbagai permasalahan pertanian, secara khusus dalam hal ketahanan pangan. 

"Kami ingin terus membuka pintu bagi produsen pertanian dari Australia untuk memasok kebutuhan pangan Indonesia," ujar Murray Watt.  

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda