Ayah Bill Gates Meninggal di Usia 94 Tahun

Djairan ยท Rabu, 16 September 2020 - 09:08 WIB
Ayah Bill Gates Meninggal di Usia 94 Tahun

Bill Gates (kiri) dan ayahnya, William Henry Gates (kanan). (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Ayah Bill Gates, William Henry Gates meninggal dunia di usia 94 tahun. Mendiang meninggal kediamannya di Hood Canal, Washington, AS pada Senin (14/9/2020).

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (16/9/2020), keluarga Bill Gates mengumumkan penyebab kematiannya karena William Gates sudah lama menderita penyakit otak alzheimer.

William Gates yang berprofesi sebagai pengacara merupakan sosok luar biasa di balik keberhasilan putranya Bill Gates menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Gates berhasil mendidik anaknya itu tumbuh dari bocah yang keras kepala menjadi salah satu pemimpin bisnis paling dikagumi.

Kekayaan Bill Gates saat ini mencapai dari 123 miliar dolar AS, menurut Bloomberg Billionaires Index.

“Saya tidak pernah membayangkan bahwa anak laki-laki kecil yang sering membantah yang saya hadapi setiap makan malam, yang memakan makanan saya dan menggunakan nama saya, akan menjadi bos masa depan saya,” kata William Gates pada 2003.

William Gates lahir pada 30 November 1925, di Bremerton, Washington. Bill Gates mengaku bahwa dia belajar etos kerja dari ayahnya yang memiliki toko furnitur di kota yang dilanda depresi hebat kala itu.

Ayahnya membantu Gates saat awal-awal kesuksesannya. Saat makan malam pada 1980, William membantu putranya merekrut seorang teman dari Universitas Harvard, Steve Ballmer untuk terlibat di Microsoft.

Ballmer kemudian meninggalkan sekolah pasca sarjana untuk menjadi CEO Microsoft. William Gates ikut mengoperasikan proyektor slide pada keynote address pertama putranya di pameran dagang Comdex di Las Vegas, pada tahun 1983.

"Tanpa saya, Anda tidak akan berada di sini," candanya pada salah satu pertemuan karyawan Microsoft.

Tak hanya bisnis, William Gates juga merupakan sosok penting di balik berdirinya Yayasan Bill & Melinda Gates. Yayasan tersebut sebenarnya Bermula dari Yayasan William H. Gates yang dibangun pada 1994 dengan modal awal 94 juta Dolar AS. Yayasan ini memusatkan kegiatan pada kesehatan global dan kelompok komunitas di Pacific Northwest.

Berkat ajakan dari putranya dan istri putranya, Melinda, mereka menaruh perhatian bahwa banyak anak meninggal setiap tahun akibat penyakit seperti campak, malaria, dan diare. Yayasan yanng sekarang di bawah kendali Bill Gates dan istri ini telah berkomitmen lebih dari 50 miliar dolar AS untuk memperluas imunisasi anak, memberantas polio, memberikan benih kepada petani Afrika, dan meningkatkan pelayanan di sekolah negeri di Amerika.

Editor : Rahmat Fiansyah