Bahlil: Kepercayaan Dunia kepada Indonesia Mulai Membaik

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 21 September 2021 - 20:44:00 WIB
Bahlil: Kepercayaan Dunia kepada Indonesia Mulai Membaik
Menteri Investasi Bahlil mengatakan, kepercayaan dunia kepada Indonesia mulai membaik.(Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, kepercayaan investor asing terhadap Indonesia perlahan membaik seiring dengan investasi Indonesia di kuartal II 2021 yang tumbuh 8,3 persen.

Hal tersebut terbukti dari proporsi Penanaman Modal Asing (FDI) yang mencapai 50,5 persen dari total realisasi investasi, yang saat ini sudah terealisasi 49,6 persen. Sementara target investasi tahun ini sebesar Rp900 triliun.

"Pada 2021, kami menargetkan investasi sebesar Rp900 triliun dan sudah terealisasi sebesar 49,6 persen. Dari 49,6 persen tersebut, FDI tercatat 50,5 persen. Artinya, trust dunia kepada Indonesia perlahan-lahan mulai ada perbaikan," kata Bahlil dalam Investment Dialogue on the Post Pandemic Economic Recovery: Attracting Investment through Structural Reform secara daring di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (21/9/2021).

Indikator kepercayaan global yang membaik itu terlihat dari masuknya investor Eropa di jajaran teratas dalam daftar negara paling banyak melakukan investasi.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, pada kuartal I 2021, Swiss masuk jajaran lima besar negara yang melakukan investasi di Indonesia. Sementara it,u pada kuartal II 2021, Belanda menjadi negara di urutan ketiga dengan investasi terbesar di Tanah Air.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: