Bandara Soedirman di Purbalingga Beroperasi Kembali Bulan Ini

Heri Purnomo ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 12:42:00 WIB
Bandara Soedirman di Purbalingga Beroperasi Kembali Bulan Ini
Bandara Soedirman di Purbalingga beroperasi kembali bulan ini. Foto: Dok Kemenhub

JAKARTA, iNews.id - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah akan kembali dibuka bulan ini. Bandara tersebut siap melayani penerbangan komersial setelah berhenti beroperasi karena pandemi Covid-19. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Jenderal Besar Soedirman kembali beroperasi karena dukungan pemerintah daerah (pemda), maskapai, dan operator Bandara Jenderal Besar Soedirman PT Angkasa Pura II. 

“Ini bukti adanya kekompakan dan kerja sama yang baik antara Kemenhub, pemda, operator bandara, serta maskapai untuk memastikan adanya penerbangan di bandara ini,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022). 

Menhub menjelaskan, pembukaan operasional Bandara Soedirman dilakukan setelah menggelar rapat bersama AP II dan enam kepala daerah di Jawa Tengah bagian Barat dan Selatan, yakni Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, dan Kebumen. Rapat tersebut digelar di Bandara Jenderal Besar Soedirman pada Jumat (30/9/2022) lalu. 

Para kepala daerah berkomitmen menjamin tingkat keterisian penumpang pesawat melalui blocking seat atau pembelian kursi. Skemanya akan dibahas lebih lanjut antara maskapai bersama perwakilan daerah masing-masing, dengan fasilitasi dari Kemenhub.

Sementara AP II menyiapkan dukungan berupa insentif dan promosi bagi maskapai. President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, insentif akan diberikan untuk periode-periode tertentu. Stimulus atau insentif kepada maskapai berupa pembebasan biaya pendaratan dan parkir pesawat untuk periode tertentu. 

"Insentif ini kami harapkan dapat mendukung maskapai dalam melayani penerbangan dari dan ke Purbalingga. Kami akan menginformasikan kepada maskapai mengenai periode diberlakukannya insentif tersebut,” ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda