Bangkitkan Perekonomian Indonesia, Erick Thohir: Kita Perlu Melakukan Jihad Ekonomi

Iqbal Dwi Purnama · Sabtu, 27 November 2021 - 17:17:00 WIB
Bangkitkan Perekonomian Indonesia, Erick Thohir: Kita Perlu Melakukan Jihad Ekonomi
Erick Thohir menyampaikan bahwa Indonesia perlu mengembangkan ekonomi berbasis syariah, mengingat penduduk Indonesia berpenduduk mayoritas Islam. (foto: dok. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meresmikan program #MuslimLeaderPreneur di Masjid An-Nur, Riau. Dalam sambutannya, Erick mengatakan bahwa Indonesia perlu mengembangkan ekonomi berbasis syariah, mengingat penduduk Indonesia berpenduduk mayoritas Islam.

"Kita perlu melakukan jihad ekonomi untuk Indonesia Maju dengan tujuan membangkitkan ekonomi, bahkan setelah pandemi COVID-19 nanti berlalu," ujar Erick Thohir pada keterangan tertulisnya, Sabtu (27/11/2021).

Erick menambahkan, salah satu cara melakukan jihad ekonomi adalah melalui program #MuslimLeaderPreneur yang cakupannya komprehensif; mulai dari pelatihan, pendampingan, pemberian penghargaan, hingga akses pembiayaan.
 
"Dengan demikian, kami berharap aktivis muda Muslim dapat menjadi leaderpreneur dengan kemampuan yang memiliki daya saing global," kata dia.

Melalui program ini, Erick berharap aktivis muda muslim dapat menjadi leaderpreneur dengan kemampuan yang memiliki daya saing global. Menurutnya, saat ini BUMN telah banyak melakukan komitmen dalam membangun para leaderpreneur yang ingin memulai usaha rintisan (start up), maupun meningkatkan usaha (scale-up) melalui berbagai program. 

Seperti kemitraan Pertashop, Makmur, Kredit Usaha Rakyat, Mekaar dan Pasar Digital UMKM. '"Selanjutnya, kami juga akan melakukan penguatan program wakaf produktif dengan skema pemberian permodalan bagi usaha ultra mikro untuk meningkatkan produktivitas umat sehingga kedepan dapat menghasilkan usaha yang berkelanjutan," ucap Erick.

MuslimLeaderPreneur adalah sebuah wadah kolaborasi generasi muda Muslim dalam memulai usaha rintisan guna meningkatkan kapasitas usaha menuju pengembangan ekonomi umat di berbagai daerah. 

Sejak diresmikan pada Kamis 28 Oktober 2021 di Masjid Istiqlal, Jakarta, yang juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, #MuslimLeaderPreneur akan melaksanakan berbagai program pembibitan wirausaha muda. Program yang akan bergulir di 26 kota besar Indonesia selama setahun ke depan iini menyasar kalangan aktivis organisasi Islam, serta remaja masjid dan pesantren.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel: