Banjir Pengunjung, IFBC Sukses Gaet Minat Bisnis Warga Jogja
IFBC Hadirkan Program Edukatif untuk Perkuat Dunia Usaha
Sebagai bagian dari komitmennya dalam memperkuat ekosistem wirausaha, IFBC 2025 Yogyakarta telah menghadirkan beragam program strategis yang dirancang untuk mengedukasi, menginspirasi, sekaligus memperluas koneksi antar pelaku usaha.
Melalui sesi seminar terbuka, Inspira Talks, dan berbagai program interaktif lainnya, para pengunjung telah diajak untuk memahami tren dan strategi bisnis sekaligus terlibat aktif dalam membangun jejaring yang produktif. Kehadiran program-program ini menegaskan peran IFBC sebagai ruang kolaboratif bagi pertumbuhan kewirausahaan yang berkelanjutan.
Salah satu program inisiatif unggulan yang telah diselenggarakan adalah kompetisi bisnis “IFBC NextGen Entrepreneurs Award 2025” yang melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk memaparkan ide bisnis mereka kepada publik.
Kompetisi ini dinilai langsung oleh para praktisi berpengalaman di bidangnya, dan dimenangkan oleh Juara 3 Mandira Haritage Group dari Universitas Gadjah Mada, Juara 2 Biteware dari Universitas Katolik Parahyangan, dan Juara 1 Bhave Care dari Universitas Parahyangan.
Diselenggarakan pula sesi inspira talk untuk memahami identitas brand dan strategi digital tentang “Mengenali Identitas Brand dan Strategi Digital Marketing” bersama HIPMI DIY. Pelaku usaha dan para pengunjung yang hadir juga dibekali langkah-langkah dalam memulai bisnis waralaba, pada sesi “Langkah Cerdas Memilih Franchise with DK Consulting.”
Topik lain yang juga menarik minat peserta, yaitu inspira talk “Membangun Bisnis Tangguh: Peluang & Tantangan” bersama Bank Rakyat Indonesia dan Rumah BUMN Yogyakarta, serta sesi “Merek Terdaftar, Bisnis Terlindungi” bersama DJKI yang membahas pentingnya legalitas bisnis.
Pengunjung yang ingin memaksimalkan potensi e-commerce telah mendapatkan wawasan dari pembahasan bersama JCI DIY dalam sesi “Optimasi Marketplace & E-Commerce.” Sementara itu, mereka yang tertarik membangun usaha laundry telah mengikuti pemaparan dari PT MLC Indonesia dalam sesi “Start Up Laundry 2025 – Menaikkan Omset Laundry 160 Juta/Bulan – Balik Modal dalam 6 Bulan.”
Tak ketinggalan, Sarosa Consulting telah membagikan panduan penting dalam sesi “Memilih Usaha untuk Pensiunan,” dan TDA Yogyakarta menyampaikan strategi dalam sesi “Membangun Bisnis yang Growth and Sustain di Era Digital.”
Seluruh rangkaian program ini telah memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para peserta pameran dalam mempersiapkan langkah bisnis mereka ke depan, di panggung acara pameran IFBC 2025 Yogyakarta.
Editor: Anindita Trinoviana